Sukses

Antisipasi Pemalsuan Pelumas Mesin TMO, Ini yang Toyota Lakukan

PT Toyota Astra Motor (TAM) memahami rasa aman dan kepastian untuk para konsumennya terlindung dari pelumas mesin palsu. Terbaru, TAM memberikan pembaruan pada produk Toyota Motor Oil (TMO) yang merupakan genuine oil

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM) memahami rasa aman dan kepastian untuk para konsumennya terlindung dari pelumas mesin palsu. Terbaru, TAM memberikan pembaruan pada produk Toyota Motor Oil (TMO) yang merupakan genuine oil yang dikeluarkan untuk merek Toyota di Indonesia.

Seluruh spesifikasi TMO ditentukan oleh Toyota Motor Corporation (TMC) Jepang dan disesuaikan dengan standar global.

TAM memberikan TMO QR Code Anticounterfeit, pelanggan bisa dengan mudah mengecek sendiri keaslian pelumas mesin dari Toyota tersebut. Hadirnya fitur ini jelas menjadi penerang dan penghilang kecemasan dari serbuan pelumas palsu di pasaran.

Konsumen juga perlu waspada apabila kondisi kemasan pelumas sudah tidak baik seperti retak, rusak, kasar dan finishing kurang rapih.

Pengamanan ini sebagai langkah penting. TAM melaporkan, tahun lalu produk TMO mencatatkan total penjualan lebih dari 1,4 juta liter. Angka ini naik 23,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy mengungkapkan oli palsu merugikan konsumen karena merusak mesin seperti muncul endapan, perlindungan panas tidak optimal, dan lain-lain. Ujungnya akan berpengaruh pada keselamatan penggunaan kendaraan. 

"Kami mengimbau pelanggan Toyota waspada terhadadp peredaran oli TMO palsu. Adanya fitur TMO QR Code Anticounterfeit, pelanggan bisa mengecek keaslian oli TMO sehingga mereka akan merasa semakin aman dan terjamin. Ini bentuk komitmen kuat kami dalam memberikan total ownership experience dan piece of mind kepada pelanggan," ucap Anton dalam keterangannya, Rabu (18/1/2023).

Konsumen dapat menemui fitur QR Code pada produk TMO yang dijual di seluruh jaringan resmi Toyota di seluruh Indonesia. Termasuk jaringan di luar Toyota seperti toko sparepart.

Konsumen cukup mengarahkan telepon genggam untuk melakukan scan QR Code yang terdapat di sil aluminium tutup botol TMO.

Ada tiga informasi yang didapat lewat fitur ini yakni informasi mendapatkan produk asli serta informasi produk telah di scan sebanyak satu kali yang berarti terdapat potensi pemalsuan. Terakhir, kemungkinan informasi produk tidak dikenali yang artinya ini merupakan produk palsu.

Toyota juga menyarankan metode 4C untuk mengecek keaslian oli mesin TMO. Ini terdiri dari Congkel, Cabut, Copot dan Cek.

Intinya, konsumen harus merusak kemasan tutup botol TMO dan turut berkontribusi mengurangi peredaran produk palsu yang menggunakan kemasan bekas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jenis-Jenis Oli TMO

Metodenya terdiri dari, congkel segel tutup botol TMO dengan obeng kecil, cabut penutup plastik tutup botol TMO, copot kepingan kertas pelindung sil aluminium TMO dan cek kode QR yang tercetak di sil aluminium tutup botol tersebut.

Setelah memindai QR Code, konsumen akan diarahkan ke laman tmo.toyota.astra.co.id. Jika mendapatkan informasi bahwa konsumen memindai untuk pertama kali, artinya oli itu asli dari pabrik dan tidak pernah dibuka sebelumnya.

TMO termasuk dalam program T-Care yang diberikan Toyota untuk perawatan berkala. Pelanggan mendapatkan bebas biaya jasa dan bebas biaya suku cadang hingga servis berkala ke-7 atau maksimal 3 tahun / 60.000 kilometer. Jika rutin servis setiap enam bulan, konsumen mendapatkan extended warranty selama 1 tahun atau 20.000 kilometer hingga total warranty Toyota menjadi 4 tahun atau 120.000 kilometer.

Jenis oli TMO

Synthetic

Bensin : TMO 10W-40SN

Diesel : TMO 15W-40 CI-4

Full Synthethic

Bensin :

TMO LITE 0W-20 SN GF-5

TMO 5W-30 SN GF-5

TMO 0W-20 SN GF-5

TMO 0W-16 SN GF-5

Diesel :

TMO 5W-30 ACEA.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini