Sukses

Pilihan Motor Honda yang Paling Irit Bensin, Simak Juga Simulasi Kreditnya

Produk motor Honda yang dipasarkan di Indonesia, terkenal dengan efesiensi bahan bakarnya. Karena irit inilah motor berlambang sayap mengepak itu banyak diminati.

Liputan6.com, Jakarta - Produk motor Honda yang dipasarkan di Indonesia, terkenal dengan efesiensi bahan bakarnya. Karena irit inilah motor berlambang sayap mengepak itu banyak diminati.

Tapi sebagai catatan, angka yang tercatat berdasarkan hasil pengujian internal pabrikan. Berikut beberapa motor Honda yang menurut kami tergolong irit serta informasi simulasi kreditnya.

All New Beat Series

Honda Beat merupakan skutik terlaris di Indonesia. Keungulannya memiliki bodi ringkas, fitur menarik dan punya catatatn efisiensi yang baik. Melalui tes internal dengan metode ECE R40, skutik ini menghasilkan 60,6 km/liter (fitur ISS on). Karena kapasitas tangkinya 4,2 liter, maka ia mampu menempuh jarak 254,52 km dalam sekali pengisian bahan bakar. Hasil itu tentu saja bisa berbeda pada setiap orang, tergantung gaya berkendara dan bobot pengendara.

Modalnya menggunakan mesin 110 cc SOHC generasi terbaru. Ia mampu menghasilkan tenaga 8,89 hp pada 7.500 rpm dengan torsi tertinggi di 9,3 Nm di kitiran 5.500 rpm. Masih dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI yang tergabung dalam rangkaian teknologi eSP (enhanced Smart Power).

Sudah berteknologi alternating current generator (ACG) starter. Dikombinasikan dengan idling stop system (ISS). Kedua fitur unggulan di bagian dapur pacunya itu berguna untuk membuat mesin lebih irit. Dapat mematikan mesin secara otomatis, saat skutik berhenti lebih dari tiga detik. Untuk menyalakannya kembali, cukup putar handle gas saja. Pabrikan mengklaim All New Beat Series irit bahan bakar dan ramah lingkungan karena sudah Euro 3.

Generasi baru yang dilabeli All New ini dipasarkan dengan harga Rp17,620 juta (tipe CBS), Rp18,326 juta (CBS ISS), dan Rp18,472 juta (Deluxe) OTR DKI Jakarta. Ditawarkan dengan 10 pilihan warna. Tipe bawah yakni CBS ada Dance White Black Techno Blue Black, Hard Rock Black dan Funk Red Black. Untuk varian CBS-ISS tersedia Electro Matte Blue dan Garage Matte Black. Tipe Deluxe mendapat empat opsi warna. Deluxe Silver, Deluxe Black, Deluxe Brown dan Deluxe Blue.

Buat Anda menginginkan salah satu produk All New Beat Series, berikut kami berikan simulasi kreditnya. Varian terbawah atau All New Beat CBS siapkan uang sebesar Rp1,6 juta untuk Down Payment (DP). Selanjutnya, biaya yang harus dikeluarkan tiap bulan sebesar Rp2 juta sebanyak 11 kali. Angsuran perbulan bisa lebih murah jika Anda mengambil cicilan selama 35 bulan, cuma Rp913 ribu. Ingin lebih ringan lagi, sediakan Down Payment Rp4,6 juta. Setiap bulan hanya menyetor Rp735 ribu selama 35 kali.

Kemudian varian CBS-ISS. Uang muka terendahnya ada di angka Rp1,7 juta. Skema cicilan tersedia mulai dari 11 bulan hingga 35 bulan. Dengan menyetor DP terendah, Anda harus membayar Rp2,121 juta untuk 11 kali angsuran. Atau mengambil kredit yang lebih lama, hanya Rp967 ribu. Cicilan perbulan bisa lebih murah lagi, kalau Anda setor di awal sebesar Rp4,9 juta. Setiap bulan Cuma mengeluarkan uang Rp783 ribu selama 35 bulan.

Selanjutnya untuk tipe tertinggi atau All New Beat Deluxe. Anda bisa membayar setiap bulan sebesar Rp2,137 juta selama 11 kali. Dengan catatan, uang muka yang harus dibayar Rp1,7 juta. Tentu biaya cicilan perbulan bisa lebih murah lagi, kalau Anda mengambil durasi kredit selama 35 kali. Setoran tiap bulannya cuma Rp975 ribu. Bila masih kurang murah, berarti Anda harus menyiapkan uang DP besar. Bisa dengan Rp4,9 juta, dan setiap bulannya cuma menyiapkan duit Rp788 ribu selama 3 tahun.

New Genio

Selanjutnya ada New Honda Genio. Ia pakai basis mesin yang sama dengan Beat Series. Berdasarkan hasil tes internal dengan metode WMTC, konsumsi bahan bakarnya menunjukkan angka 59,1 km/liter (fitur ISS on), sehingga mampu menempuh jarak hinga 248 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar. Mesin ini juga memastikan hasil pembakaran yang ramah lingkungan dengan standar emisi Euro 3.

Mengandalkan 110 cc, satu silinder, 4-langkah SOHC eSP, pendingin udara dan PGM-FI. Dibenamkan pula teknologi ACG starter yang membuat starter mesin lebih halus. Dan bergandengan dengan ISS (Idling Stop System) khas Honda yang membuat mesin mati otomatis saat berhenti, dan menyala kembali hanya dengan memutar tuas gas. Output tenaga New Genio ada diangka 8,89 hp pada 7.500 rpm dengan torsi tertinggi di 9,3 Nm di kitiran 5.500 rpm.

Volume bensin berkapasitas 4,2 liter dan bagasi 14 liter. Untuk fitur keamanan ditunjang scure key shutter, brake lock atau rem parkir, combi brake, dan side stand switch yang menjadi fitur standar Genio.

New Honda Genio dipasarkan dengan dua tipe, yaitu CBS dan CBS-ISS. Tipe CBS dijual Rp18,880 juta dan CBS-ISS dilego dengan harga OTR Rp19,475 juta OTR DKI Jakarta. Total ada 6 pilihan warna. Tipe CBS ada Radiant Red Black, Radiant Brown Black, serta Radiant Black. Sementara versi CBS-ISS memiliki tiga pilihan kelir, yakni Fabulous Matte Black, Fabulous Matte Brown, dan Fabulous Matte Blue.

Bila Anda punya rencana membeli New Genio lewat skema kredit, skutik ini bisa dibawa pulang dengan cicilan menarik mulai Rp700 ribuan saja per bulan. DP buat varian paling termurah yakni CBS sebesar Rp1,7 juta. Cicilan per bulan Rp2,127 juta untuk 11 bulan, Rp1,235 juta selama 23 bulan, dan Rp969 ribu jika memilih tenor 35 bulan.

Bila merasa cicilan per bulannya terlalu berat, Anda bisa menaikkan besaran uang muka di Rp4,9 juta. Maka cicilan selama 11 bulan adalah Rp1,768 juta, Rp1,025 juta untuk 23 bulan, dan Rp806 ribu selama 35 bulan.

Buat Genio trim paling tinggi atau CBS-ISS, DP paling minim wajib menyetorkan Rp1,8 juta dengan cicilan Rp2,185 juta untuk 11 bulan, Rp1,268 juta untuk 23 bulan, dan Rp995 juta jika memilih tenor 35 bulan.

Jika terasa berat, saran kami menaikkan lagi besaran uang mukanya menjadi Rp5 juta. Maka cicilannya selama 11 bulan menjadi Rp1,824 juta, untuk 23 bulan Rp1,058 juta, dan untuk tenor 35 bulan menjadi Rp832 ribu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

All New Scoopy

Sama seperti Beat Series dan New Genio, All New Honda Scoopy juga punya mesin identik. Pakai mesin generasi terbaru, 110 cc 4-langkah SOHC, pendingin udara dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Tak lupa pula eSP (enhanced Smart Power) yang hemat bahan bakar, sekaligus sanggup menyuguhkan performa optimal. Teknologi eSP terintegrasi dengan ACG Starter, serta Idling Stop System (ISS) menjadi peranti standar.

Output tenaga Scoopy anyar ada diangka 6,6 kW (9,0 PS) pada 7.500 rpm dengan torsi mencapai 9,3 Nm / 5.500 rpm. Honda mengklaim konsumsi bahan bakarnya irit. Berdasarkan data internal Honda, konsumsi bahan bakar Scoopy baru mencapai 59 km/liter (ISS on). Sementara daya tampung bensin jadi 4,2 liter.

AHM membanderol All New Scoppy varian Sporty dan Fashion sebesar Rp21,353 juta. Sedang Stylish dan Prestige dibanderol Rp22,115 juta OTR DKI Jakarta. Dari empat varian yang ditawarkan, total ada 8 warna. Versi Prestige ada White dan Black. Stylish tersedia Brown dan Red. Fashion ada Black dan Blue. Sementara Sporty ditawarkan Black dan Red.

Berdasar data yang kami dapat, buat tipe Sporty dan Fashion uang muka paling kecil Rp2,3 juta. Tapi cicilan yang harus dibayar setiap bulan cukup menguras kantong. Tercatat untuk 11 bulan dikenakan biaya Rp2,242 juta. Kemudian Rp1,283 juta selama 23 bulan, lalu Rp1,111 juta untuk 29 bulan, dan termurahnya Rp 1 juta dengan lama angsuran 35 kali.

Kemudian bisa juga dengan memberikan Down Payment (DP) lebih besar, yakni Rp5 juta. Angsuran selama 11 bulannya cukup membayar Rp1,918 juta. Sementara buat 23 bulan, Anda wajib menyetor Rp1,096 juta. Ingin lebih ringan bayar cicilannya, bisa mengambil skema paling lama. Anda hanya memberikan Rp851 ribu/bulan.

Jika Anda menginginkan kredit All New Scoopy versi termahal, harga yang ditawarkan per bulannya berbeda sedikit dengan varian bawah. Buat Stylish dan Prestige, DP terendah sebesar Rp2,4 juta/bulan. Untuk angsuran paling cepat sebesar Rp2,303 juta. Buat 23 bulan Anda harus menyetor Rp1,310 dan terlama Rp1,047 juta. Bisa juga dengan membayar uang pangkal Rp4 juta. Cicilan tiap bulan sedikit lebih ringan. Untuk satu tahun kurang satu bulan, kena Rp2,100 juta, sementara pilihan lain sebanyak 23 kali menyentuh angka Rp1,192 juta, dan angsuran terlama Rp948 ribu.

Bila masih terasa berat dalam membayar angsurannya, Anda bisa mensiasati dengan memberikan uang muka besar. Menurut brosur, ada diangka Rp5,2 juta. Jadi cicilan setiap bulannya lebih ringan lagi. Tercatat buat 11 bulan dikenakan biaya Rp1,973 juta, Rp1,121 juta/bulan selama 23 kali dan buat kredit paling lama cuma bayar Rp892 ribu.

 

3 dari 4 halaman

Revo Series

Produk Honda selanjutnya ada Revo Series. Kuda besi jenis moped atau bebek ini dapat menjangkau 59,8 km dengan 1 liter (metode ECE R40) menggunakan metode pengukuran EURO 3 (EURO 2 = 62,2 km/liter). Pantas jika predikat motor irit di kelas 110 cc disematkan padanya.

Kubikasi jantung mekanisnya 109,17 cc satu silinder SOHC berpendingin udara. Sistem suplai bahan bakar pakai pengabutan PGM-FI. Konfigurasi diameter langkah sebesar 50 x 55,6 mm dan punya rasio kompresi 9,3:1. Tenaga maksimalnya mencapai 8,7 hp di putaran mesin 7.500 rpm dan torsi 8,76 Nm pada 6.000 rpm. Dirinya masih mengandalkan sistem transmisi manual empat percepatan. Kapasitas tangki bisa menampung sebanyak 4 liter bensin.

Hadir dalam dua pilihan, New Honda Revo Fit dan New Honda Revo X. Perbedaan keduanya hanya pada striping dan model pelek, sisanya semua sama. Untuk varian terendah dipasarkan Rp15,644 juta dengan dua pilihan warna yakni Raving Red dan Galaxy Blue. Sementara tipe termahal yang dijual Rp17,359 juta juga punya dua opsi kelir, yakni Attractive Red dan Quantum Black. Masing-masing banderol berstatus OTR DKI Jakarta.

Untuk meminangnya, setidaknya Anda harus menyiapkan uang minimal Rp2,2 juta. Lama angsuran tersedia beberapa opsi, dari 11 hingga 35 bulan, tinggal pilih sesuai kemampuan.

Buat uang muka paling rendah tadi, cicilan termurahnya ada diangka Rp769 ribu/bulan dengan lama pembayaran 35 kali. Jika mau ambil jalan tengah, bisa dengan mengangsur sebanyak 23 kali dengan menyetor Rp983 ribu/bulan. Mau lebih cepat lagi ambil jangka waktu 11 bulan, namun jumlah yang harus disediakan Rp1,694 juta.

Atau jika ingin ringan pembayaran bulanannya, bisa melakukan dengan menyetor uang muka sebesar Rp5 juta. Dengan skema kredit paling cepat (11 bulan), diperlukan duit Rp1,383 juta untuk membayar tiap bulan. Pilihan lainnya, Anda bisa menyetor Rp802 ribu selama 23 bulan. Atau yang paling murah Rp629 ribu buat 35 kali cicilan.

Sementara untuk Revo X tersedia DP mulai dari Rp2,4 juta. Uang muka sebesar itu cicilan termurahnya ada diangka Rp818 ribu/bulan dengan lama pembayaran 35 kali. Jika mau ambil jalan tengah, bisa dengan mengangsur sebanyak 23 kali dengan menyetor Rp1,056 juta/bulan. Mau lebih cepat lagi ambil jangka waktu 11 bulan, namun jumlah yang harus disediakan Rp1,840 juta.

Atau jika ingin ringan pembayaran bulanannya, bisa melakukan dengan menyetor uang muka sebesar Rp5,4 juta. Dengan skema kredit paling cepat (11 bulan), diperlukan duit Rp1,511 juta untuk membayar tiap bulan. Pilihan lainnya, Anda bisa menyetor Rp867 ribu selama 23 bulan. Atau yang paling murah Rp673 ribu buat 35 kali cicilan.

 

4 dari 4 halaman

Supra X 125 FI

Motor irit selanjutnya ada Honda Supra X 125 FI. Berdasarkan pengetesan internal perusahaan, satu liter bensinnya bisa menempuh jarak 57,2 km (EURO 3). Angka yang dihasilkan tersebut masih bisa mengimbangi keriritan motor bertransmisi otomatis.

Ia merupakan salah satu motor bebek legendaris di Indonesia. Sejak pertama kali meluncur hingga sekarang, model ini dikenal sebagai motor irit, tarikan responsif, serta mudah perawatan. Dibekali mesin 125 cc 4 tak SOHC yang disertai dengan teknologi Programmed Fuel Injection (PGM-FI). Mampu menghasilkan tenaga sebesar 10 Hp pada 8.000 rpm dan torsi 9,30 Nm di 4.000 rpm.

Ditawarkan dengan dua varian. Untuk tipe CW (pelek racing) dipasarkan dengan harga Rp19,923 juta dengan pilihan warna Golden Matte Black dan Energetic Red. Sementara model SW (pelek jari-jari) dengan kelir Quantum Black dijual Rp18,785 juta OTR Jakarta.

Buat memboyong Supra X termurah, siapkan Down Payment (DP) sebesar Rp2,6 juta. Dengan uang muka sebesar itu, cicilan perbulannya Rp1,973 juta, dan harus dibayarkan selama 11 kali. Masih dengan DP yang sama, Anda bisa mendapat cicilan termurah sebesar Rp886 ribu, tapi dengan lama angsuran sebanyak 35 kali.

Bisa juga dengan menyetor uang di awal sebesar Rp5,2 juta. Kalau untuk 11 bulan, Anda cukup bayar Rp1,690 juta, atau cuma Rp965 ribu/bulan sebanyak 23 kali. Bisa juga ambil yang paling murah, tapi dengan tempo 3 tahun kurang satu bulan, cicilannya hanya Rp762 ribu/bulan.

Sedang buat tipe termahal atau yang versi CW (pelek racing) siapkan uang muka sebesar Rp2,7 juta. Cicilan yang harus dibayarkan cukup mahal. Buat 11 bulan Anda harus sedia uang Rp2,090 juta. Untuk tempo 23 bulan bisa membayar Rp1,201 juta, atau Rp930 ribu dengan lama angsuran 35 kali.

Jika dirasa terlalu mahal, Anda bisa menyiasati dengan menaruh uang pangkal Rp5,5 juta. Kalau ambil tenor selama 11 kali, maka cuma bayar Rp1,782 juta. Untuk kredit selama 23 kali, angsuran yang harus dibayarkan tiap bulan sebesar Rp1.022 juta. Sementara untuk cicilan terlama cukup menyetor Rp793 ribu/bulan.

Semua angka yang tertera merupakan simulasi. Bila Anda ingin cicilan lebih terjangkau, bisa menaruh uang muka besar di luar dari katalog skema. Hal itu otomatis dapat meringankan biaya setiap bulannya. Tinggal bikin kesepakatan dengan diler.

Harga yang tercantum hanya berlaku di kota Jakarta dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Simulasi di atas juga hanya untuk gambaran jumlah angsuran. Untuk memastikan biaya yang harus dikeluarkan, baiknya langsung sambangi diler Honda terdekat.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini