Sukses

TMMIN Tak Lagi Produksi dan Ekspor Toyota Vios

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dipastikan sudah tidak lagi memproduksi Toyota Vios. Jalur produksi bekas Vios pun telah diganti dengan model lain

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dipastikan sudah tidak lagi memproduksi Toyota Vios. Jalur produksi bekas Vios pun telah diganti dengan model lain. Selain itu, ekspor Vios pun turut dihentikan.

"Untuk Vios TMMIN tidak ekspor lagi, kami sudah setop produksi dan diganti produk lain," terang Direktur Corporate Affairs PT TMMIN Bob Azam usai gelaran Toyota Eco Youth ke-12 di Senayan Park, Jakarta, Selasa (18/10/2022) malam.

Dirinya menyampaikan, model yang diproduksi sebagai pengganti Vios merupakan model-model yang permintaan pasarnya cukup tinggi, seperti Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) ataupun Sport Utility Vehicle (SUV).

"Saat ini kami harus prioritaskan model-model yang (permintaan) domestik dan ekspornya bagus. Untuk sekarang ada Veloz dan Avanza yang diekspor, bahkan ekspor kita tahun ini naik persen 61 persen," ujarnya.

Pasar sedan yang terus merosot dan tak lagi seksi, ditambah lagi kapasitas produksi yang terbatas membuat TMMIN harus memilih dan memprioritaskan model-model yang permintaannya sedang tinggi.

"Kapasitas (produksi) sudah mentok, akhirnya kita harus pilih. Kita prioritaskan model-model kapasitasnya terus berkembang. Seperti LMPV, ke depan itu yang marketnya tumbuh, diperkirakan akan expand terus," jelas Bob.

Tidak cuma fokus pada model-model konvensional, pabrik TMMIN di Karawang, Jawa Barat, juga tengah bersiap untuk memproduksi model elektrifikasi.

"Ke depannya kami akan prioritaskan model-model elektrifikasi," kata pria berkacamata tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Toyota Vios Terbaru Resmi Meluncur di Indonesia, Harga Mulai Rp 314 Jutaan

PT Toyota-Astra Motor (TAM) secara resmi memasarkan all new Toyota Vios generasi ke-4 yang dikembangkan dengan platform baru dan juga dilengkapi dengan fitur Toyota Safety Sense (TSS).

“Sejak diperkenalkan tahun 2003 lalu, Vios telah membukukan penjualan retail lebih dari 130.000 unit. Sebagai bentuk apresiasi, hari ini kami hadirkan all new Vios dengan platform baru dan all new design pada seluruh aspek eksterior dan interior, serta peningkatan safety feature dan tambahan advance teknologi baru,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Penggunaan platform baru pada All New Vios ini memberikan kesempatan kepada Toyota untuk meningkatkan unsur kenyamanan dengan mengubah dimensi Vios generasi ke-4 tersebut. Sekarang, mobil ini memiliki panjang 4.410mm, lebar 1.740 mm, dan tinggi 1.480 mm, dengan jarak sumbu roda (wheelbase) 2.620 mm.

Jarak sumbu roda yang semakin jauh juga memastikan penambahan aspek kenyamanan sekaligus memperkuat handling di jalan. Bodi lebih rendah juga memberikan pusat gravitasi lebih baik untuk meningkatkan kualitas berkendara tanpa mengurangi kenyamanan penumpang karena ruang kepala tetap memadai.

All New Vios menggunakan mesin baru berkode 2NR-VE 1.496 cc 4-silinder yang sanggup menghasilkan tenaga 106 PS pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.200 rpm. Distribusi tenaga ke roda depan disalurkan melalui opsi transmisi manual 5-speed atau CVT.  Penggunaan teknologi Dual VVT-i diklaim membuat mesin kompak ini sanggup melontarkan tenaga memadai sekaligus irit bahan bakar.

All New Vios hadir 3 pilihan varian ( E MT, G CVT, dan G TSS CVT) dengan lima (5) pilihan warna yaitu Platinum White Pearl, Attitude Black, Metal Stream Metallic, Grey Metallic, dan Red Mica Metallic.

Toyota Vios E MT dibanderol Rp314,9 juta (Spot Order), G CVT dibanderol Rp 355,2 juta, dan G TSS CVT dibanderol Rp368,4 juta berstatus on the road Jakarta. Perlu diketahui, terdapat penambahan Rp 1,5 juta untuk warna premium. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.