Sukses

9 Ubahan pada Honda Vario 125 Terbaru, Kini Ada USB Port

Liputan6.com, Jakarta - New Honda Vario 125 baru-baru ini diperkenalkan PT Astra Honda Motor (AHM). Honda Vario 125 terbaru ini hanya mengalami sedikit penyegaran, tak berubah total seperti halnya Vario 150 yang menjadi Vario 160.

New Honda Vario 125 masih mempertahankan desain model sebelumnya. Adapun beberapa detail direvisi agar tampilannya menjadi lebih segar.

Pun untuk mesin dan konstruksi sasis, generasi terbaru dari Vario 125 ini tetap mengemas platform yang sama. Dia masih dipersenjatai enjin berkubikasi 124,8 cc, SOHC, 4-tak, eSP, pendingin cairan, dan berpengabut injeksi.

Di atas kertas jantung pacu ini mampu memuncah tenaga maksimal 10,9 daya kuda pada 8.500 rpm dan torsi puncak 10.8 Nm di putaran mesin 5.000 rpm.

Large Project Leader From R&D South East Asia CO., LTd, Sompong Sureechairattanakul mengatakan, alasan tak mengubah desain, mesin, dan sasis pada new Honda Vario 125 karena masih sesuai dengan kebutuhan konsumen di pasar Indonesia. Hal itu berangkat dari riset pasar yang dilakukan oleh Honda.

"Untuk model Vario 125 ini dikembangkan dari keinginan dan kebutuhan konsumen. Jadi mengapa dipertahankan, sekali lagi karena dinilai cukup untuk penggunaan harian dan perkotaan," katanya, Senin (26/9/2022). 

Ubahan yang dilakukan ini bisa dibilang masuk kategori facelift saja, ya berbeda jauh dengan strategi yang dilakukan pada Vario 150 menjadi Vario 160. Revisi pada Vario 160 saat itu berstatus all new, AHM mengubah desain, mesin, dan juga sasisnya.

Lantas apa sajakah unsur kebaruan pada new Vario 125? Di bawah ini OTO.com akan rangkum dan sajikan 9 ubahan yang dilakukan AHM. Mari simak bersama-sama.

1. Dasi Depan

Oke yang pertama dan paling terlihat adalah bentuk dasi depan yang punya desain baru. Kini tampilannya terlihat lebih sporty dengan visual menyerupai taring. Bila dibandingkan dengan model sebelumnya, tentu saja visual yang sekarang jauh lebih memikat mata.

2. Bodi Sayap Samping

Selanjutnya AHM merevisi visual sayap bodi samping. Tampilanya makin sarat tarikan garis tegas dan sekarang dihiasi semacam komponen plastik bertumpuk.

Area bodi plastik kasar di bagian samping juga berubah, mengikuti pola sayap baru yang dimiliki new Honda Vario 125. Namun harus diakui, bila melihat sekilas rasanya tak ada perubahan yang signifikan.

3. Lampu Depan

Ketiga adalah lampu depan. Desain keseluruhan memang masih sama dengan model sebelumnya namun kini terlihat lebih sipit dan minimalis. Tak ada penjelasan detail menyoal ubahan apa yang dilakukan, tapi rasanya karena mengikuti bentuk sayap samping.

Sebagai informasi, new Honda Vario 125 sudah dibekali dengan penerangan full LED, baik di lampu depan, lampu belakang, dan penandai sein.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

4. Spion

Revisi ke-4 adalah penggunaan spion berdesain baru. Ubahan komponen ini berbeda dengan Honda PCX 160 atau Vario 160. Ya, bisa dibilang pabrikan membuat desain spion anyar khusus Vario 125.

Tak ada masalah atau keluhan untuk penglihatan ke belakang. Jangkauannya pas dan tak membuat pengendara menjadi kagok.

5. Bodi Samping

Ubahan ke-5 yang dilakukan pabrikan pada new Honda Vario 125 ada di bagian bodi samping. Bila dibandingkan dengan model sebelumnya, visual yang sekarang jauh lebih sporty dengan beberapa lekukan garis tajam.

Namun lagi-lagi, ubahan ini tak membuat visual dari Vario 125 2022 terlihat berbeda jauh. Bila tak teliti mengamatinya mungkin saja Anda merasa tak ada perubahan.

6. Pelek

Ubahan selanjutnya adalah menggunakan pelek dengan desain baru. Namun sebenarnya visual palang yang dipakai di new Vario 1250 saat ini mengambil basis dari Vario 150 terdahulu.

Dengan penggunaan pelek baru ini, ukuran ban belakangnya menjadi lebih lebar 1 tingkat atau menjadi 100/80 ring 14. Sementara ban depannya masih menggunakan size yang sama di 80/90 ring 14. 

3 dari 3 halaman

7. Tambahan Fitur Keyless

Ubahan ke-7 yang dilakukan oleh AHM adalah menambah fitur keyless. Namun perlu dicatat, fitur tanpa anak kunci ini hanya ditanamkan pada varian baru Vario 125 yaitu CBS-ISS SP atau varian paling mahalnya. 

Sementara varian di bawahnya yakni CBS dan CBS-ISS masih mengemas anak kunci konvensional.

8. Hadir Fitur USB Port

New Vario 125 varian paling tinggi juga kedapatan fitur baru USB Port Tipe A. Pemiliknya juga tak perlu repot membawa adapter untuk mengisi data baterai gawai karena bisa langsung colok dengan kabel data bawaan.

Untuk menaruh gawai, ada semacam kompartemen penyimpanan yang diklaim AHM bisa menyimpan sebuah ponsel berukuran layar 6,5 inci.

9. Warna dan Striping Baru

Untuk memberikan unsur kebaruan lainnya, new Honda Vario 125 juga dibekali dengan warna serta striping baru. Untuk opsi CBS-ISS SP tampil lebih eksklusif dengan pilihan kelir Advance Matte White dan Advance Matte Blue.

Sementara varian CBS-ISS ditawarkan dengan opsi warna Advance Matte Black dengan penyematan 3D emblem untuk tulisan Vario yang menjadikannya tampil lebih menarik. Adapun untuk tipe CBS hadir dalam 2 warna yaitu Sporty Black dan Sporty Red.

Bila tertarik meminangnya, AHM menyebutkan unit motor ini akan tiba di jaringan diler pada akhir September 2022. Nah, di bawah ini adalah daftar harga OTR new Honda Vario 125 wilayah Jakarta yang mengalami kenaikan Rp300 hingga Rp800 ribu dari model sebelumnya.

Berikut daftar harga new Honda Vario 125 

  • New Honda Vario 125 CBS: Rp 22.350.000
  • New Honda Vario 125 CBS-ISS: Rp 24.000.000
  • New Honda Vario 125 CBS-ISS SP: Rp 24.250.000

 

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.