Sukses

Selain Jaguar XF, Mobil-Mobil Ini Juga Ikut ke Pemakaman Ratu Elizabeth II

Rupanya, ada banyak jenis mobil yang turut mengantar Sang Ratu ke tempat peristirahatan terakhirnya. Tidak hanya Jaguar XF yang sempat menjadi pusat perhatian, tetapi ada beberapa limosin yang juga turut ambil bagian dalam prosesi tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II menarik banyak pihak di seluruh dunia. Mereka penasaran seperti apa jalannya seremonial yang dilakukan oleh pihak Kerajaan Inggris dalam memakamkan ratu mereka.

Rupanya, ada banyak jenis mobil yang turut mengantar Sang Ratu ke tempat peristirahatan terakhirnya. Tidak hanya Jaguar XF yang sempat menjadi pusat perhatian, tetapi ada beberapa limosin yang juga turut ambil bagian dalam prosesi tersebut.

1. Rolls Royce Phantom VI State Limousine 1978

Mobil ini turut menjadi saksi dalam pemakaman Ratu Elizabeth II. Awalnya, kendaraan ini dipersembahkan sebagai hadiah kepada Sang Ratu untuk Silver Jubilee-nya pada tahun 1977.

Limosin ini mendapatkan sentuhan personalisasi dengan meninggikan bagian atap melalui panel atas kaca dan jendela belakang untuk tugas parade.

Pada saat pemakaman, jendela belakang telah dimodifikasi dan diganti dengan penutup untuk prosesi pemakaman. Mobil ini juga sempat digunakan untuk mengantar Putri Wales, Kate Middleton ke pernikahannya pada 2011 lalu.

Dan pada momen prosesi kali oini, Permaisuri dan Putri Wales ada di dalam mobil ini untuk mengantar Sang Ratu.

2. Rolls Royce Phantom VI State Limousine 1987

Kehadiran limosin khas Inggris ini menjadi yang terakhir diproduksi pada rentang waktu 1968 - 1990 silam. Ini adalah mobil kedua yang yang kerap digunakan oleh Sang Ratu untuk beberapa kegiatan.

Pada saat prosesi pemakaman, mobil ini ditumpangi oleh Putri Pangeran Andrew, Putri Beatrice dan Eugenie ada di dalam mobil ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bentley dan Jaguar Turut Mengawal Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II

3. Bentley Limousine 2002

Mobil ini dipersembahkan kepada Ratu Elizabeth II untuk Jibulee-nya pada 2002 silam. Mobil tersebut telah dilapisi baja untuk melindungi penumpangnya, dan pada 2009 lalu, mesin yang awalnya mengadopsi V8 Twin-Turbo berkubikasi 6,75 liter, kini telah dimodifikasi untuk menggunakan biofuel untuk menghasilkan emisi yang lebih bersih.

Dalam pemakaman Ratu Elizabeth II, Duchess of Sussex dan Countess of Wessex ada di dalam mobil ini untuk menuju pemakaman.

4. Jaguar XJ 2012

Mobil ini sebelumnya juga terlihat dalam acara pemakaman. Didalamnya terdadapat anggota keluarga kerajaan yang dibawa menuju Westminster Hall. Ini adalah satu dari dua limusin Jaguar XJ State yang dioperasikan.

Dalam informasinya, mobil ini menggunakan pelat nomor NGN-1 dan NGN-2.

3 dari 3 halaman

Infografis Ratu Inggris Elizabeth II Meninggal Dunia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.