Sukses

Subaru XV Generasi Terbaru Resmi Meluncur, Intip Keistimewaannya

PT Plaza Auto Mega selaku APM resmi Subaru Indonesia meluncurkan crossover Subaru XV pada ajang GIIAS 2022 lalu. Subaru XV diposisikan sebagai SUV sekelas Toyota CH-R dan Honda HR-V.

Liputan6.com, Jakarta - PT Plaza Auto Mega selaku APM resmi Subaru Indonesia meluncurkan crossover Subaru XV pada ajang GIIAS 2022 lalu. Subaru XV diposisikan sebagai SUV sekelas Toyota CH-R dan Honda HR-V.

Meski baru debut di Indonesia, namun Subaru belakangan ini meluncurkan XV terbaru. Dilansir carscoops.com, Jumat (16/9/2022), model teranyar akan meninggalkan nama “XV”, beralih menjadi “Crosstrek” secara global.

Subaru Crosstrek mengusung tampilan lebih rugged, dengan fascia depan menjadi lebih “berwarna”. Mobil ini mendapatkan desain lampu depan dan belakang baru dan desain bumper yang lebih mencolok.

Adapun desain pelek menjadi lebih gahar, grill depan membesar dengan pattern berbeda dan body cladding samping di area fender didesain ulang sehingga lebih menonjol dan berliku.

Namun Subaru XV ini masih mempertahankan beberapa bagian dari model sebelumnya. Paling mencolok adalah penggunaan atap yang sama, tanpa adanya perubahan signifikan.

Bagian interior juga mendapat sentuhan desain terkini. Paling utama adalah area dasbor di mana head unit kini mendominasi bagian depan kabin. Head unit berukuran 11.6 inci dan dibuat vertikal, layaknya kepunyaan Tesla.

Adanya layar besar ini memengaruhi letak dan tombol AC. Ventilasi udara kini juga ikut memanjang ke bawah seperti layar tersebut dan panel setelan AC kini dibuat digital, menyatu dengan head unit bawaannya.

Sementara speedometer tetap analog, sama seperti model sebelumnya. Pilihan jok berbahan kain atau kulit bergantung dengan model yang dipilih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keselamatan

Paket keselamatan Subaru Crosstrek cukup terbilang lengkap. Crossover ini dibekali fitur Eyesight terbaru dengan menggunakan kamera wide angle monocular dan improved software, yang lebih akurat dalam mendeteksi kondisi di sekitar mobil.

Teknologi EyeSight Subaru mencakup berbagai fitur, seperti Adaptive Cruise Control, Lane Keep Assist, Road Departure Mitigation, Pre-Collision Throttle Management, Lead Vehicle Departure Alert, Lane Sway Warning, dan Subaru Rear Vehicle Detection.

Fitur keselamatan lain seperti airbags 6 buah, Vehicle Stability Control, ABS, EBD, serta Hill Start Assist sudah menjadi standar di mobil ini.

Performa

Subaru Crosstrek terbaru dibenamkan mesin 2.000cc e-boxer dengan teknologi hybrid. Namun besaran tenaga dan torsi yang dihasilkan belum terungkap. Hanya saja, jantung pacunya disempurnakan untuk mengurangi getaran dan suara mesin.

Sebagai informasi, mesin 2.000cc e-boxer hybrid yang digunakan pada XV saat ini menghasilkan tenaga 147 hp dan torsi 196 Nm, dengan motor listrik bawaannya menyemburkan tambahan 16,5 hp dan torsi 66 Nm.

Seluruh tenaga mesin disalurkan ke setiap roda melalui Subaru Symmetrical AWD dan menggunakan transmisi Lineartronic CVT.

Kabarnya Subaru Crosstrek mulai dijual pada tahun 2023 dan dipasarkan lebih dulu di Jepang. Untuk harga Subaru Crosstrek, sejauh ini belum diperoleh informasi yang aktual.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini