Sukses

Mengulik Kecanggihan Daihatsu Rocky Hybrid yang Mejeng di GIIAS 2022

Liputan6.com, Jakarta - Daihatsu Rocky HEV (Hybrid Electric Vehicle) unjuk gigi di booth Daihatsu Hall 5A selama GIIAS 2022 berlangsung. Kehadirannya menunjukkan keseriusan Daihatsu dalam menyambut tren elektrifikasi secara bertahap di Indonesia.

Daihatsu Rocky HEV menerapkan teknologi e-SMART HYBRID yang telah diluncurkan di pasar domestik Jepang pada November 2021 lalu ini mengadopsi sistem serial, yang berarti tenaga mesin digunakan untuk menghasilkan listrik, dan diteruskan untuk menggerakkan motor utama. Adapun varian Daihatsu Rocky yang ditampilkan pada GIIAS ini adalah varian X HEV 2 WD.

Pada mesin Rocky Hybrid, Daihatsu menyematkan mesin baru 1.200 cc dengan 3 cylinder (tipe WA-VEX) yang didesain khusus untuk teknologi Hybrid, serta memiliki struktur ringkas (compact) dan ideal dalam mendukung aktivitas pelanggan sehari-hari, karena dapat memberikan akselerasi yang responsif, efisiensi bahan bakar optimal, serta memiliki harga terjangkau dan kompetitif di kelasnya.

Selain itu, Daihatsu Rocky Hybrid juga memiliki desain mekanisme yang compact, dimana Transaxle (transmisi yang digunakan untuk kendaraan bermesin depan berpenggerak roda depan FF) memiliki mekanisme transmisi daya yang terdiri dari motor generator (MG) sebagai daya penggerak, gigi reduksi, dan mekanisme diferensial, serta memposisikan dua motor secara paralel, sehingga menghasilkan desain yang ringkas. Bobot kendaraan juga berkurang dan lebih ringan berkat penyematan baterai lithium ion yang compact berkapasitas 4,3 Ah dengan kepadatan energi tinggi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur Keselamatan

Dalam hal keselamatan dan keamanan, Daihatsu Rocky Hybrid dilengkapi dengan berbagai sistem keamanan aktif Smart Assist. Mulai dari 19 fungsi keselamatan aktif yang berbeda, fungsi peringatan dan pengereman terhadap potensi tabrakan yang mendukung mode malam hari, pendeteksi pejalan kaki, hingga fungsi pendeteksi rambu lalu lintas untuk memberikan peringatan ‘maximum speed’ dan ‘stop’.

Tak hanya itu, Daihatsu Rocky Hybrid juga telah mengadopsi rem parkir elektrik, disertai ACC (Adaptive Cruise Control) yang dapat membuat berkendara jarak jauh lebih nyaman. Pada bagian lainnya, Rocky Hybrid juga menyematkan fitur CTA (Cornering Trace Assist) yang berfungsi menstabilkan kendaraan dengan memberikan sejumlah gaya pengereman ke roda ketika dalam kondisi menikung apabila kendaraan terdeteksi melayang ke arah di luar kurva jalur, sehingga tetap aman dan nyaman ketika berkendara.

Dalam hal pilihan, di Jepang Daihatsu Rocky Hybrid tersedia dalam 2 varian, yakni X HEV, dan Premium G HEV.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.