Sukses

Google Buktikan Peminat Kendaraan Listrik Membeludak

Liputan6.com, Jakarta Pabrikan otomotif di Indonesia mulai berani untuk menawarkan kendaraan listrik andalannya. Semakin banyak jenama yang bermain, minat konsumen untuk mencari melalui search engine pun rupanya semakin tinggi.

Data Google Trends di Indonesia menunjukkan bahwa penelusuran terkait merek mobil yang memproduksi kendaraan listrik naik 300% selama periode satu tahun dari 2020 sampai 2021.

Konsumen menggunakan Google Search dan YouTube untuk memulai – dan menyelesaikan – perjalanan pembelian mereka, dengan penelusuran untuk topik terkait kendaraan hibrida naik 53% selama periode yang sama dan penelusuran untuk kata kunci terkait mobil listrik naik 60% di YouTube. 

Tren terkini juga menunjukkan volume penelusuran untuk kendaraan listrik di Google 30% lebih tinggi daripada penelusuran untuk “SUV” dan “hatchback” dari Agustus 2021 sampai Juli 2022 . Penelusuran untuk “motor listrik” di YouTube naik 85% selama periode yang sama. Tren lainnya yang terlihat adalah penelusuran untuk “dealer terdekat” naik 43% selama periode yang sama. 

“Kita tentu dapat melihat bahwa orang Indonesia ingin tahu tentang kendaraan listrik, tetapi kita juga melihat keinginan yang lebih besar untuk membelinya,” ungkap Karlina Ayuningtyas, Industry Analyst, Google Indonesia. Kendaraan listrik merujuk pada kombinasi dari kategori EV plus Hybrid.

“Penelusuran untuk harga EV mencapai 35% dari penelusuran terkait EV secara keseluruhan, sementara 29% dari penelusuran terkait hybrid adalah penelusuran untuk informasi harga,” tambah Karlina.

“Ini menunjukkan peluang besar bagi merek yang mencoba untuk merebut generasi konsumen yang baru ini, yang 90% di antaranya mencari informasi tentang kendaraan listrik secara online," pungkas Karlina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Motor Listrik Alva Auto Siap Diperkenalkan di GIIAS 2022

Merek motor Alva Auto di bawah naungan Ilectro Motor Group siap meramaikan GIIAS atau Gaikindo Indonesia International Auto Show 2022 yang berlangsung pada 11 hingga 21 Agustus mendatang di ICE, BSD, Tangerang Selatan.

Agenda keikutsertaannya di GIIAS nanti adalah mempromosikan merek Alva kepada publik, mengingat mereka adalah pemain baru di pasar domestik. Selain itu perusahaan juga akan merilis produk perdananya yakni motor matik listrik berperawakan maxi layaknya Yamaha NMax dan Honda PCX.

"Kami ingin berkontribusi dalam upaya penurunan emisi gas buang di Indonesia. Oleh sebab itu, pada tahap pertama ini fokus kami adalah dengan memasarkan kendaraan listrik roda dua," kata Rainer Haryanto selaku Managing Director Ilectra Motor Group, belum lama ini.

Dia melanjutkan, produk baru dari Alva Auto nanti memiliki performa yang cukup gahar. Bila dikonversikan, rangkaian listrik hingga baterai pada produknya itu setara dengan mesin motor berkubikasi 150 cc.

"Dibentuknya Ilectra Motor Group berfokus untuk menjaga solusi mobilitas dengan produk pertamanya adalah di kendaraan roda dua. Nanti di GIIAS dapat dilihat kendaraan motor listrik yang lebih mirip seperti maxi scooter dengan torsi mendekati 44,5 Nm atau setara dengan motor berkapasitas 150 cc,” pungkas Rainer.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Google adalah salah satu perusahaan Amerika Serikat yang berkhususkan pada jasa dan produk internet.
    Google
  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain
    Kendaraan Listrik
  • online