Sukses

Mazda 2 Sedan vs Honda City, Mana yang Lebih Menggoda?

Liputan6.com, Jakarta - Mazda 2 Sedan diluncurkan di Indonesia dengan harga yang terbilang kompetitif. Bahkan sedan berdesain cantik ini mempunyai selisih harga sekitar Rp 26 jutaan dibanding Honda City sedan.

Lantaran keduanya bersaing di segmen yang sama, sedan mana lebih unggul?

Eksterior

Untuk membandingkannya dimulai dari sektor luar kendaraan. Secara eksterior kedua mobil ini mempunyai banyak kesamaan dengan versi hatchbacknya.

Mazda 2 Sedan tetap mempertahankan bahasa desain KODO, melalui penggunaan grill khas Mazda, lampu piph dan tampilan serba minimalis.

Yang berbeda adalah sektor buritan, di mana sedan ini mempunyai desain baru dan berbeda dengan Mazda 2 hatchback.

 

Di sisi lain Fascia depan dan belakang Honda City sedan terlihat juga mirip dengan City hatchback. Kendati demikian sedan ini tampil lebih discreet, lantaran aksen-aksen hitam yang sporti dihilangkan untuk model ini.

Secara fitur, kedua sedan ini cukup sebanding. Mazda 2 sedan dan Honda City sedan sama-sama dilengkapi lampu depan LED, pelek single tone berwarna perak dan antena shark fin. Namun lampu belakang Honda City sedan sudah LED.

Interior

Kesamaan desain dengan versi hatchback berlanjut ke interior mobil. Mazda 2 sedan mempunyai interior minim perbedaan dengan Mazda 2 hatchback, seperti tachometer analog berada di tengah-tengah speedometer, lampu dan wiper sudah otomatis, Heads Up Display, serta head unit tetap mendapatkan MZD Connect,

Yang berbeda, versi sedan ini lebih lengkap dengan adanya jok kulit dan di bawah panel AC ada wireless charging untuk mempermudah pengecasan secara nirkabel.

Sementara Honda City desain mengadopsi bentuk interior sama seperti City hatchback RS, namun aksen-aksen oranye di jok dan sekitar dasbor dihilangkan.

Sedan tersebut mendapatkan head unit yang bisa terkoneksi dengan handphone, speedometer dengan MID monokrom, AC digital otomatis, keyless entry dengan tombol start-stop dan cruise control.

Khusus City sedan ada sandaran tangan dan ventilasi AC untuk baris kedua.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Fitur Keselamatan

Mazda 2 Sedan lebih unggul dari segi fitur keselamatan. Selain mempunyai ABS, EBD, Hill Start Assist dan Vehicle Stability Control, mobil ini juga disematkan peranti keselamatan i-Activesense dan G-Vectoring Control.

Fitur yang pertama, meski tidak selengkap Mazda yang lebih mahal, tetap mempunyai Blind Spot Monitoring yang membantu dan memperingati pengemudi jika ada kendaraan di jalur lain dan Rear Cross Traffic Alert yang membantu saat keluar-masuk parkir.

Sedangkan fitur kedua membantu pengemudi saat menikung. Mazda mengklaim bahwa teknologi G-Vectoring Control membuat mobil lebih stabil saat berbelok. Selain lebih enak dikendarai, penumpang di dalam juga menjadi lebih nyaman.

Sebaliknya Honda City sedan hanya dilengkapi fitur keselamatan standar yang juga ditemukan pada Mazda 2 Sedan, seperti 6 airbags, Hills Start Assist, Vehicle Stability Assist, sensor parkir belakang dan kamera mundur.

Performa dan harga

Dari segi performa, Honda City sedan lebih unggul. City mengusung mesin 1.500cc naturally aspirated dengan semburan tenaga 121 PS dan torsi 145 Nm. Sedangkan Mazda 2 Sedan mengusung tipe mesin yang sama, namun hanya menghasilkan output 111 PS dan torsi 144 Nm.

Mazda 2 Sedan mempunyai transmisi otomatis 6 percepatan, sementara Honda City sedan mengusung girboks CVT. Kedua mobil ini sama-sama menyalurkan tenaga mesin ke roda depan (FWD) dan tidak tersedia opsi girboks manual.

Untuk harga, Mazda 2 Sedan dibanderol Rp 338,8 juta. Harga tersebut Rp 26 jutaan lebih murah dibandingkan Honda City Sedan yang dijual Rp 365,4 juta.

Dengan selisih harga yang cukup besar, mana menurut Anda yang lebih layak dipinang?

Sumber: Otosia.com

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS