Sukses

Toyota Luncurkan Mobil Baru pada 7 Juli 2022, Model Apa?

Liputan6.com, Jakarta - Toyota berencana untuk meluncurkan mobil yang diberi sentuhan baru. Hanya saja, belum ada bocoran model mana yang akan mendapatkan sentuhan khusus. Namun, kuat indikasi bila ia bukan merupakan model facelift, melainkan sebatas upgrade dengan interior edisi khusus.

Berdasarkan undangan yang diterima redaksi otosia.com dari Auto2000, Kamis (30/6/2022), mobil Toyota yang meluncur pada 7 Juli 2022 mendatang merupakan limited edition hasil kerja sama dengan Iwan Tirta. Peluncurannya dalam rangka ulang tahun Astra ke-65.

Mobil Toyota edisi terbatas tersebut bertemakan Amarga Branandaru. Berasal dari bahasa Sanskerta. Istilah itu bermakna karya cipta sebagai harta yang berharga (legacy), sekaligus juga karya cipta bagi harta yang paling berharga (yaitu keluarga).

Kuat dugaan interior mobil akan mengambil motif tradisional batik mengingat Iwan Tirta merupakan seorang seniman batik ternama di Tanah Air.

Informasi dari salah seorang tenaga pemasaran gerai Auto2000, besar kemungkinan model Toyota edisi terbatas tersebut adalah MPV Innova. Apalagi ada unsur keluarga dalam konsep kolaborasi tersebut yang juga identik dengan Innova.

Almarhum Iwan Tirta sendiri dikenal sebagai maestro batik kelahiran Blora, Jawa Tengah. Pemilik nama asli Nusjirwan Tirtaamidjaja tutup usia pada tanggal 31 Juli 2010 silam di Jakarta.

Lantaran konsisten mempromosikan batik kepada dunia internasional, pada 13 Agustus 2015 lalu, Presiden Joko Widodo menganugerahkan tanda kehormatan Bintang Budaya kepada putra berdarah Sunda dan Minangkabau ini.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Alasan Toyota Pilih Kijang Innova Jadi Mobil Listrik Konsep di Indonesia

Memanfaatkan gelaran Indonesia International Motor Show atau IIMS Hybrid 2022, Toyota resmi pamer mobil listrik konsep, Kijang Innova EV Concept. Kendaraan ini, menjadi proyek mobil listrik pertamanya di Tanah Air, meskipun masih sebatas study car.

Kehadiran Toyota Kijang Innova EV Concept memperlihatkan keseriusan Toyota Indonesia maupun Toyota Motor Corporation (TMC), dalam menggarap industri mobil listrik.

Sejak 2015, Toyota telah mengumumkan apa yang dikenal sebagai iniasitif Toyota Environmental Challenge 2050 di antaranya bertekad mencapai target Zero CO2 Emission pada 2050 atau yang disebut juga carbon neutral.

Pemilihan Toyota Kijang Innova yang dipilih untuk dikembangkan menjadi listrik, karena model ini merupakan mobil keluarga legendaris yang memiliki kandungan lokal tinggi.

Secara resmi Toyota Kijang, memang tidak dicatatkan sebagai mobil nasional, namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa mobil ini memiliki tingkat penggunaan komponen lokal tertinggi, mencapai 83 persen. Tidak hanya sebatas itu, Toyota Kijang boleh dikatakan sebagai satu-satunya model merek nasional yang sanggup bertahan dan terus berkembang di antara berbagai model yang diproduksi sejumlah pelaku industri otomotif nasional pada era akhir 1970-an.

"Toyota senantiasa menawarkan pilihan yang beragam kepada pelanggan, baik di segmen penumpang maupun komersil, sehingga pelanggan dapat memilih kendaraan mana yang sesuai dengan kebutuhannya," ungkap Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy.