Sukses

Ducati Hypermotard 950 RVE Cuma Dibuat 100 Unit dan Khusus untuk Negara Ini

Liputan6.com, Jakarta - Hypermotard 950 RVE menjadi produk baru Ducati yang ditawarkan secara terbatas. Hanya ada 100 unit dan cuma dijual di Amerika Serikat.

Ducati Hypermotard 950 RVE sangat menonjol berkat livery yang disebut “Graffiti” dari gaya street art. Motifnya terinspirasi dari seni jalanan. Sangat menarik bagaimana mulanya Hypermotard keren ini muncul.

Sebetulnya Ducati tidak pernah berniat menjual desainnya pada sepeda motor produksi. Desain ini berawal dari sebuah konsep yang dikembangkan oleh para desainer dari Centro Stile Ducati sebagai studi desain.

Itu dipamerkan di acara Concorso d'Eleganza Villa d'Este 2019 di Italia. Setelah mengalami respons yang luar biasa dari pengunjung pameran, Ducati tidak berpikir dua kali untuk menggunakan corak tersebut pada Hypermotard 950 RVE.

Bisa dikatakan proses pembuatannya sangat melelahkan. Untuk memenuhi hasil sempurna, para desainer Ducati harus terampil bekerja secara bertahap.

Hasilnya sebanding dengan bodywork airbrushed. Sesuatu yang tidak ditemukan pada banyak sepeda motor produksi, itulah sebabnya dibatasi cuma 100 unit. 

Banyak lapisan tipis decals diterapkan secara bertahap untuk membentuk corak yang tampak berkarat. Tak lupa terapan tulisan "Hyper' tebal dan putih di seluruh tangki. Tiga warna yang digunakan di sini adalah merah, hitam, dan putih.

Tak hanya bagian bodi, rodanya juga mendapat tampilan menawan. Pakai corak model ganda yang keren dengan tema setengah merah dan setengah hitam.

Joknya juga mendapat tata letak dual-tone dengan balutan red-central stretch dipadu warna hitam di kedua sisinya. Huruf "R" dari "Hyper" secara dramatis menempel pada spakbor depan berparuh.

Terlepas dari corak graffiti yang rumit dan pelek yang dicat split, semua hal lain termasuk jantung mekanik tetap tidak berubah. Mengambil basis dari Hypermotard 950. Tapi dirinya ditempatkan di atas versi reguler dan di bawah Hypermotard 950 SP sebagai spesifikasi teratas.

Hypermotard 950 RVE tetap menampilkan supermoto bergaya agresif dengan knalpot kembar di bawah jok dan komponen mekanis yang terlihat.

Termasuk bingkai teralis ikonik, kursi datar meruncing untuk memberi kemudahan gerakan, dan mesin L-twin terbuka, memastikan keandalan Ducati dan pengiriman daya yang sangat menyenangkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Performa dan Pesaingnya

Berbicara tentang mesin, ia mengandalkan Testastretta 11° dua silinder 937cc yang mampu menghasilkan 114 hp pada 9.000 rpm dan torsi 96,3 Nm pada 7.250 rpm. Torsi inilah yang membuat dirinya populer di kalangan penggemar motard.

Hampir 80 persen torsi tersedia dari 3.000 hingga 9.500 rpm. Output daya linier ini memaksimalkan kemampuan berkendara, performa, dan yang paling penting, kesenangan, baik saat berlari di trek, atau berkendara di perkotaan setiap hari.

RVE hadir dengan kemajuan teknologi Ducati terbaru, termasuk Ducati Quick Shift (DQS) Up and Down EVO. Bosch Cornering ABS dengan fungsi Slide by Brake, Ducati Traction Control (DTC) EVO dan Ducati Wheelie Control (DWC) EVO. 

Model ini juga memiliki fitur suspensi yang dapat disetel sepenuhnya, sehingga pemilik dapat dengan mudah mengubah pengaturan gaya berkendara mereka. Pakai garpu dari Marzocchi 45mm di depan dan mono-shock Sachs di belakang.

Remnya berasal dari Brembo dengan cakram 320mm yang dipasangkan dengan kaliper monoblok radikal empat piston M4.32 kembar di depan. Sebuah cakram 245mm, digabungkan ke kaliper dua piston tunggal digunakan di bagian belakang.

Hypermotard 950 RVE mulai mencapai lantai showroom di seluruh Amerika Serikat pada akhir Mei dan dijual sebesar $15.695 atau Rp230 jutaan bila dikonversi ke mata uang Indonesia.

Dan karena tidak ada peningkatan performa, Ducati Hypermotard 950 RVE yang keren ini akan terus bersaing menghadapi KTM 890 Duke R, Yamaha MT-09 SP, dan Husqvarna 701 Supermoto.

Sumber: Oto.com