Sukses

Gaikindo Klaim JAW 2022 Bukukan Transaksi Rp 2,3 Triliun, Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran Jakarta Auto Week (JAW) 2022, memang telah berakhir 20 Maret lalu. Namun, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), baru mengumumkan pencapaian transaksi pameran yang diadakan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat tersebut.

Pihak Gaikindo mengklaim, berhasil mendatangkan 53.164 calon pembeli potensial, dengan transaksi sejumlah 5.919 unit kendaraan dengan nilai Rp 2,3 triliun. Hasil tersebut merupakan jumlah transaksi yang didapat dari para peserta JAW 2022, yakni Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, dan Wuling.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi menyatakan bahwa pihaknya merasa sangat puas atas hasil transaksi tersebut, yang dinilai sangat baik untuk penyelenggaraan perdana JAW.

"Capaian transaksi pada pameran JAW yang baru pertama kali dilangsungkan ini sangat luar biasa, Kami sangat bangga, karena sesuai dengan tujuannya JAW dapat berkontribusi kepada pecapaian penjualan industri otomotif pada tahun ini," ungkapnya, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Rabu (30/3/2022).

Lanjut Nangoi, sebanyak 53 ribu pengunjung yang hadir di JAW adalah para calon pembeli potensial, sehingga hasil transaksi juga mempresentasikan hal tersebut.

Menurutnya 5.919 unit yang terjual selama sembilan hari berlangsungnya JAW 2022, merupakan pencapaian yang sangat baik.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Dilaporkan ke Kemenperin

Menurut catatan Gaikindo, total penjualan kendaraan penumpang dikondisi normal dalam kurun waktu satu bulan adalah sekitar 13.500 unit, yang berarti 450 unit per hari nya. Dan hasil transaksi di JAW telah berhasil melampaui hasil penjualan kendaraan selama 9 hari kondisi normal di Jakarta.

Sementara itu, data transaksi tersebut juga telah dilaporkan Gikindo kepada Kementerian Perindustrian, yang kemudian memberikan respon sangat positif. Kementerian Perindustrian juga berharap agar JAW dapat menjadi agenda tahunan untuk memberi dorongan terhadap pencapaian penjualan tahunan industri otomotif Indonesia.

"Hasil yang dicapai JAW, memberikan semangat dan meningkatkan rasa percaya diri GAIKINDO untuk menjadikan JAW sebagai agenda pameran otomotif tahunan," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya