Sukses

Kolaborasi Smoot, Swap, Grab dan PLN Dukung Ekosistem Motor Listrik di Indonesia

Percepat pembangunan ekosistem motor listrik di Tanah Air, empat perusahaan bersinergi untuk memberikan langkah nyata

Liputan6.com, Jakarta - Guna mempercepat pembangunan ekosistem motor listrik di Tanah Air, empat perusahaan bersinergi untuk memberikan langkah nyata. Smoot Motor, Swap Energi, Grab, dan PLN resmi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk menyatukan peran strategis menciptakan kendaraan ramah lingkungan yang terjangkau bagi semua kalangan.

Kerjasama ini, diyakini dapat berhasil untuk memberikan solusi terbaik bagi aktivitas pengendara motor listrik di Indonesia.

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN menyampaikan, melalui kolaborasi ini diharapkan dapat mengakselarasi penggunaan kendaraan bermotor listrik, sehingga dapat memperkuat ketahanan energi di Indonesia.

"Kerjasama ini merupakan langkah awal dari inovasi yang dapat diperluas dan dikembangkan guna saling memperkuat value dan manfaat bagi penguatan ekositem kendaraan bermotor listrik di Indonesia. Upaya ini, untuk mengalihkan energi berbasis impor ke energi domestik, dari energi fosil ke energi terbarukan," ujar Darmawan, di sela-sela penandatangan MoU, di Senayan Park, Jakarta Pusat, Senin (21/3/2022).

Sementara itu, Grab sebagai operator kendaraan berbasis ride-hailing besar di Indonesia, terus berupaya mendorong percepatan ekosistem kendaraan listrik. Sejak diluncurkan pada 2019, sudah ada 8.500 kendaraan listrik dengan dominasi roda dua yang mengaspal di Indonesia.

"Dengan jumlah tersebut, kita sudah membantu mengurangi emisi CO2 hingga 4.600 ton, atau setara dengan menanam 260 ribu pohon," jelas Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Stasiun pertukaran baterai

Lanjut Ridzki, dengan sinergi antara pelaku bisnis yang hadir di kesempatan ini, merupakan langkah strategis karena masing-masing memiliki peran penting dalam mendukung percepatan pembangunan ekosistem kendaraan listrik, mulai dari penyediaan armada, infrastruktur, hingga pengoperasian.

"Hal ini, juga sejalan dengan salah satu fokus pemerintah pada perhelatan G20 Presidensis Indonesia, yaitu transisi energi," tegasnya.

Sementara itu, untuk SWAP sendiri, saat ini telah menyediakan lebih dari 400 titik Swap Poin yang tersebar melalu jaringan Alfamidi, Alfamart, dan Shell untuk area Jabodetabek.

Sedangkan untuk di Bali, stasiun pertukaran baterai tersebar di berbagai titik strategis hasi kerjasama dengan Circle-K.

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini