Sukses

Empat Perbedaan New Honda Genio CBS dengan CBS-ISS

New Honda Genio resmi diluncurkan PT Astra Honda Motor (AHM) dengan sederet ubahan. Selain tampilan yang lebih segar, new Genio juga dilengkapi fitur baru.

 

Liputan6.com, Jakarta - New Honda Genio resmi diluncurkan PT Astra Honda Motor (AHM) dengan sederet ubahan. Selain tampilan yang lebih segar, new Honda Genio juga dilengkapi fitur baru.

Secara keseluruhan visual utamanya masih sama dengan Genio model terdahulu. Ubahan besar ada di bagian fender cover depan, revisi diameter pelek menjadi 12 inci dari sebelumnya 14 inci.

Selain itu ada juga ubahan model dermaga pengisian gawai menjadi USB port yang posisinya kini dipindah ke slot dek depan (sebelumnya di bawah bagasi).

New Honda Genio ditawarkan dalam 2 varian berbeda. Pertama adalah Genio CBS yang diniagakan dengan banderol Rp 18.050.000 dan untuk varian CBS-ISS dilego Rp 18.650.000 OTR Jakarta.

Meski tampilanya terlihat sama, namun kenyataannya kedua varian tersebut memiliki beberapa diferensiasi. Sama seperti Honda Beat CBS dan CBS-ISS yang juga memiliki beberapa perbedaan. Apa saja? Mari kita simak bersama-sama.

Fitur ISS

Oke, perbedaan pertama yang jelas dan sesuai dengan varian adalah hadirnya fitur ISS. Di mana sesuai dengan nama yang diusungnya yaitu CBS-ISS, maka pada varian tersebut kedapatan fitur unggulan berupa Idling Stop System (ISS). Sementara untuk tipe CBS tak dipasangkan peranti tersebut.

Secara fungsi, ISS berfokus pada penghematan bahan bakar. Sebab, ketika fitur ini diaktifkan mesin motor secara aktif akan mati setelah lebih dari 5 detik tanpa adanya bukaan gas.

Mesin akan kembali hidup dengan hanya memutar tuas gas kembali. Selain menyumbang keiritan BBM, fitur ini juga diklaim mengurangi polusi gas buang.

Bobot Berbeda

Secara keseluruhan, new Honda Genio varian CBS dan dan CBS-ISS punya bentuk dan dimensi tubuh yang sama yakni memiliki panjang 1.862 mm, lebar 694 mm, dan tinggi di 1.061 mm. Namun keduanya ternyata punya perbedaan di segi bobot kendaraan.

Berat atau bobot kedua varian skutik tersebut dihitung dalam kondisi kosong alias tanpa ada bahan bakar di dalamnya. Adapun bobot atau berat varian CBS sekitar 92 kg dan untuk varian CBS-ISS memiliki bobot 93 kg. Keduanya hanya selisih 1 kg saja.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Warna dan Desain Striping

Nah selain berbeda soal fitur dan bobot, Genio CBS dan Genio CBS-ISS juga punya pembeda pada warna dan striping. Tentu diferensiasi ini dibuat agar konsumen bisa dengan mudah membedakan masing-masing varian.

Untuk new Genio varian CBS hadir dengan warna glossy. Anda bisa memilih opsi Radiant Red Black, Radiant Brown Black, serta Radiant Black. Sementara untuk Genio CBS-ISS dibalut dengan kelir warna matte yang mana pilihannya adalah Fabulous Matte Black, Fabulous Matte Brown, dan Fabulous Matte Blue.

Beda Spesifikasi Aki

Perbedaan selanjutnya adalah komponen aki. Keduanya dibedakan dari segi kapasitas yang diusung, memang masih sama-sama menggunakan tipe MF 12 Volt tapi ada perbedaan pada spesifikasi Ampere Hour (Ah)-nya.

New Genio CBS menggunakan kapasitas aki 3Ah, sementara varian termahal alias CBS-ISS menggendong aki dengan kapasitas 5Ah. Perbedaan spesifikasi baterai ini guna mendukung fitur ISS.

Selebihnya semua varian Genio tetap menggunakan lampu LED di depan, fitur secure key shutter, dan dilengkapi tombol pembuka jok yang praktis.

Tak cuma itu saja, motor ini juga dibekali dengan Brake Lock, sistem pengereman Combi Brake, panel meter digital, ECO Indicator, bagasi 14 liter, dan side stand switch sudah menjadi fitur standar Honda Genio.

Nah itulah diferensiasi antara new Honda CBS dan CBS-ISS 2022 yang baru saja meluncur di pasar domestik. Ini rasanya penting diketahui agar Anda mengetahui apa saja perbedaan yang ditawarkan keduanya.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini