Sukses

Resmi Beroperasi, Transjakarta Gunakan 30 Bus Listrik dari BYD

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) resmi mengoperasikan 30 bus listrik dari BYD

Liputan6.com, Jakarta - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) resmi mengoperasikan 30 bus listrik dari BYD. Debut operasional kendaraan pengakut penumpang ramah lingkungan ini, diresmikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Dalam sambutannya, sang Gubernur optimistis, secara bertahap penggunaan bus listrik sebagai armada Transjakarta ini akan terus bertambah. Bahkan, pada 2030 diharapkan seluruh transportasi publik bus di ibukota sudah menggunakan tenaga listrik.

Untuk mencapai target tersebut, Anies berujar perlu ada kolaborasi antara Pemprov DKI dengan seluruh lapisan masyarakat. Sebab, imbuhnya, untuk merealisasikan tahap saat ini, Pemprov DKI telah membuat rancangan programnya sejak 2018.

"Kita merancang program ini dari mulai tahun 2018, kita bekerja bersama dengan 4 institusi internasional di mana kita bermitra, kita bertukar pikiran, bertukar pengalaman secara amat intensif delegasi delegasi mereka datang ke Jakarta," kata Anies, seperti disitat dari Merdeka.com, ditulis Kamis (10/3/2022).

Empat institusi yang dimaksud Anies yaitu United Nations Environment Programme (UNEP), Climate Technology Center and Network, C40 Network, dan Kedutaan Besar Kerajaan Inggris. Anies berujar ada peran sektor swasta dalam realisasi operasional bus listrik sebagai transportasi publik Jakarta.

"Proses ini memang tidak terlihat di depan layar, ini adalah proses bekerja yang dikerjakan amat serius dan tidak muncul di permukaan tapi kita harus sampaikan apresiasi," pungkasnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rute

Untuk tahap awal, rute operasi bus listrik akan fokus pada rute non-BRT yaitu;

Rute 1P Terminal Senen-Bundaran Senayan

Rute 1R: Tanah Abang - Terminal Senen

Rute 1N: Blok M - Tanah Abang

Rute 6N: Ragunan - Blok M

Jam operasinal bus listrik mulai pukul 06.00 - 21.00 WIB.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Transjakarta adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Ja

    Transjakarta

  • bus listrik

  • DKI