Sukses

Alasan Land Cruiser Terbaru Jarang Digunakan untuk Off Road

Belakangan ini, Toyota Land Cruiser jarang sekali dipakai untuk kegiatan off road lantaran salah satu alasannya adalah karena desainnya yang saat ini lebih modern membuat pemiliknya enggan untuk menggunakannya di alam terbuka

Liputan6.com, Jakarta - SUV premium yang baru saja diluncurkan PT Toyota Astra Motor, all new Land Cruiser, memang memiliki DNA off road yang kental sejak pertama kali diluncurkan.

Karakter bodi yang besar dan agresif, ditambah dengan penggunaan mesin yang cukup buas, membuat banyak orang awalnya meminang mobil ini untuk melakukan adventure.

Namun belakangan ini, all new Land Cruiser jarang sekali dipakai untuk kegiatan off road. Menurut Julian Johan, seorang off roader Tanah Air salah satu alasannya adalah karena desainnya yang saat ini lebih modern membuat pemiliknya enggan untuk bermain kotoran di alam terbuka.

"Jadi, makin ke sini itu Land Cruiser imejnya bukan lagi sebagai mobil off road, tidak seperti Land Cruiser jaman dulu yang memang ditujukan untuk dunia off road banget. Kalau sekarang, memang arahnya sudah lebih mewah untuk mobil bos-bos yang dipakai untuk kerja," buka Jeje, kepada Liputan6.

Meski demikian, Jeje, berpendapat walaupun identitas all new Land Cruiser sudah modern, tetapi untuk kapabilitas dalam menaklukan medan off road masih sangat bisa diandalkan.

"Tapi sebenarnya gen off road itu masih tetap terus dibawa. Namun memang konsumen di Indonesia mungkin melihatnya mobil seperti ini sayang kalau dibawa untuk off road, jadi kalau bicara kemampuannya, sebenarnya bisa tapi lebih ke arah tega atau enggak tega aja, off road pakai All New Land Cruiser," tambah Jeje.

Lain lagi dengan kompetitor All New Land Cruiser asal Amerika Serikat, Jeep Wrangler Rubicon. SUV khas negeri Paman Sam ini masih banyak digunakan oleh pemiliknya untuk menerabas medan off road atau hutan sekalipun.

"Beda dengan Rubicon, mobil ini harganya kurang lebih sama, tapi karena imej mobil ini tetap off road banget, maka orang kalau melihat Rubicon dipakai off road, itu adalah hal biasa karena imej adventure yang masih melekat, tidak seperti all new Land Cruiser yang kini kesannya menjadi SUV premium," jelasnya.

Meskipun kemungkinan All New Land Cruiser ini sangat sedikit digunakan untuk off road, namun Jeje menjelaskan jika pemilik SUV premium ini ingin digunakan untuk adventure, ada modifikasi yang harus dilakukan agar mobil ini lebih proper.

"Kalau misalkan bicara kondisi standar, sudah mumpuni banget untuk off road. Cuma satu saja sebenarnya yang mungkin direkomendasi adalah penggantian bannya dengan menggunakan ban MT. Kalau mengandalkan ban bawaan pabrik, pattern-nya masih terlalu halus dan kurang menghasilkan traksi terhadap medan tanah," tandasnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur dan Teknologi Land Cruiser GR-S Sangat Mumpuni untuk Medan Off Road

Meski kedua varian yang ditawarkan yakni VX-R dan GR-S sama-sama dibekali dengan fitur differential locker, namun pada tipe GR-S Toyota telah membekalinya dengan teknologi yang lebih mumpuni.

"Jadi kalau untuk yang GR-S itu, differential locknya lebih sakti lagi karena dia ada di bagian depan dan belakang. Tapi yang canggih, mode berkendara off road pada mobil ini ada yang auto. Jadi si mobil akan menyesuaikan kebutuhannya. Dia bisa membedakan dari karakter ngegas dan ngerem, terus traction controlnya itu bisa membedakan dari medan pasir atau batu dan itu mobilnya yang berfikir untuk melibasnya," beber Jeje.

Selain itu, pada All New Land Cruiser terbaru ini juga telah dipersenjatai dengan perangkat keamanan terbaik seperti rem yang dilengkapi Anti-lock Braking System + Electronic Brake-force Distribution + Brake Assist dan 8-airbags.

Fitur safety lainnya adalah Blind Spot Monitor (BSM), Vehicle Stability Control (VSC), Hill-start Assist Control (HAC), dan Traction Control (TC). Khusus untuk kebutuhan off-road, tersedia juga fitur Downhill Assist Control (DAC), Crawl Control, Multi-Terrain Select (MTS), ditambah Tire Pressure Monitor (TPM).

All New Land Cruiser juga dilengkapi dengan Toyota Safety Sense (TSS) yang meliputi Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Rear Camera Detection (RCD), Adaptive High-Beam System (AHS), dan Dynamic Radar Cruise Control (DRCC).

3 dari 4 halaman

All New Land Cruiser Unjuk Kemampuan dalam Menaklukkan Rintangan

4 dari 4 halaman

Infografis Cara Cek Tiket & Jadwal Vaksinasi Booster Covid-19 Gratis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.