Sukses

PPnBM DTP 2022 Belum Disahkan, Honda Naikkan Harga All New BR-V

Kenaikan harga All New Honda BR-V akan mengikuti kapan berlakunya regulasi PPnBM DTP.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah mengeluarkan pernyataan terkait keinginannya untuk memperpanjang periode Pajak Pembelian atas Barang Mewah (PPnBM) Ditanggung Pemerintah (DTP) untuk industri otomotif pada 2022.

Keinginan tersebut dicetuskan setelah melihat performa penjualan kendaraan meningkat pada rentang bulan Maret sampai Desember 2021, di mana regulasi PPnBM diterbitkan untuk memberikan stimulus pada sektor otomotif.

Meski regulasi tersebut belum diketuk palu oleh pemerintah, Agen Pemegang Merk (APM) seperti Honda, bergerak cepat dengan menaikkan harga jual mobil baru mereka per Januari 2022 ini.

Salah satu model yang mengalami peningkatan harga adalah All New Honda BR-V. Berdasarkan informasi dari laman resmi mereka model ini mengalami kenaikan sekitar Rp 3 juta.

Menanggapi hal tersebut, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy, menjelaskan bahwa mengenai kenaikan harga ini mengikuti kapan berlakunya regulasi tersebut.

"Kalau tadi mengenai harga, kalau harga per transaksi keluar, itu harga akan di-adjust," buka Yusak Billy, di sela-sela pengiriman unit All New BR-V untuk konsumen di Jakarta, Sabtu (8/11/2022).

Adapun kenaikan harga tersebut setelah masa PPnBM DTP berakhir pada Desember 2021. Untuk lebih lanjut, Billy, menambahkan pihaknya akan memberikan penyesuaian terkait harga jual All New BR-V kepada konsumen.

Ketika peraturan itu sudah diterbitkan, nantinya mereka akan melakukan penyesuaian kembali terkait harga yang dipasarkan kepada konsumen.

"Kita tidak tahu kapan itu akan dikeluarkan peraturannya, karena harga tersebut menyangkut pembayaran pajak dan lain sebagainya. Intinya harga yang akan di adjust, tergantung peraturan itu seperti apa bunyinya," tambah Yusak Billy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

All New Honda BR-V Mulai Dikirim Ke Konsumen

PT Honda Prospect Motor (HPM) memenuhi janjinya untuk mengirim unit all-new Honda BR-V yang telah dipesan konsumen di awal 2022. Seperti diketahui, generasi terbaru Honda BR-V ini sudah bisa dipesan sejak September tahun lalu.

"Pada September 2021 all new Honda BR-V diperkenalkan di Indonesia dan mendapat sambutan positif. Hingga saat ini lebih dari 3.200 unit telah terpesan," terang Presiden Direktur HPM Takehiro Watanabe di Senayan Park, Jakarta, Sabtu (8/1/2021).

Pengiriman unit BR-V telah dilakukan ke sejumlah Kota di Indonesia. Dan penyerahan secara simbolis kepada konsumen wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dilakukan di Senayan Park, Senayan, siang ini.

"Penyerahan secara simbolis ini sebanyak 55 unit untuk konsumen wilayah Jabodetabek," kata Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM Yusak Billy.

3 dari 3 halaman

infografis perfilman indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.