Sukses

Yamaha Kasih Kode, 1 Desember 2021 Bakal Rilis Motor Baru

Liputan6.com, Jakarta - "Brosis, sudah siapkah kamu untuk sesuatu yang baru? Catat tanggalnya, ya!," demikian tulis Yamaha Indonesia  sebagai caption video teaser di akun Instagram resminya, Minggu (28/11/2021).

Dalam video tersebut Yamaha memberi kode bakal merilis produk baru pada pada 1 Desember 2021 pukul 10.00 WIB.  Meski belum mengungkap secara detail motor apa yang akan dilansir, besar kemungkinan adalah all new Yamaha R15 V4 dan R15 versi M.  

Tak seperti biasanya, dari video teaser yang mereka unggah tak nampak siluet yang jelas dari calon motor baru itu. YIMM hanya menampilkan visual berbentuk lingkaran sempurna yang mengarah pada bentuk lampu.

Tapi sebagai informasi, kemungkinan R15 V4-lah yang akan dilansir mengacu pada jadwal event balap Yamaha Endurance Race yang digelar Desember mendatang juga.

Bisa jadi moment balapan itu dijadikan sebagai selebrasi kehadiran motor sport full fairing 150 cc tersebut. Desas-desus kehadiran generasi baru R15 di Indonesia mencuat setelah motor ini mendebut pertama kali di India pada 21 September 2021 lalu.

Yamaha R15 adalah produk global, bukan cuma di India atau Indonesia, motor ini juga diniagakan di beberapa negara Asia dan Eropa (R125). Kehadiran generasi baru di negeri Bharata lantas membuka peluang motor ini juga akan disegarkan untuk pasar otomotif yang lain.

Secara umum, R15 mengusung desain baru yang mengarah pada paten moge Yamaha. Visual fascia dirancang ulang dengan apron yang menampilkan lampu utama LED proyektor bulat di balik lubang tengah bodi. Yamaha menyebutnya dengan M Duct yang terinspirasi dari desain M1 di MotoGP.

Pada sisi samping kiri dan kanan disematkan lampu DRL (Daytime Running Light) yang sekilas mirip dengan tampilan dari Yamaha R7. Rancang bodi depan ini disebutkan bukan cuma mengejar tampilan, namun punya sisi fungsional soal aerodinamika.

Dari samping desain fairingnya juga berubah terlihat lebih atraktif dan memiliki semacam kisi-kisi. Lubang di bodi samping itu juga punya fungsi menekan angin (downforce) yang membuat motor lebih stabil ketika di kecepatan tinggi.

Sementara di bagian belakang tak banyak berubah, desainnya masih agresif dengan ciri khas buntut melancip, hadirnya 2 lubang, dan penggunaan stoplamp minimalis LED.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Fitur-Fitur

Soal fitur, dia dibekali dengan Quick Shifter (up), Assist & Slipper Clutch, Dual-ABS, lampu depan-belakang LED, panel meter full digital, Traction Control System, sampai peranti koneksi Y-Connect.

Di India, generasi baru dari R15 itu disokong mesin 155 cc, SOHC, 4 katup, 1-silinder, pendingin cairan, dan berpengabut injeksi.

Dari data yang dilampirkan website resmi Yamaha India, motor tersebut memiliki tenaga maksimal 13,5 kW atau setara 18,1 daya kuda pada putaran mesin 10 ribu rpm dan torsi puncak 14,2 Nm di 7.500 rpm.

Tak ada ubahan signifikan pada jantung pacu ini, termasuk pabrikan masih membekalinya dengan teknologi VVA (Variable Valve Actuation). VVA sendiri memiliki tugas mengatur bukaan katup, yang bertujuan menyesuaikan suplai bahan bakar ke ruang bakar.

Hasilnya, tenaga merata di seluruh putaran mesin namun tetap irit konsumsi BBM. Bicara banderol, R15 di India diniagakan dengan harga mulai Rp 32 juta sampai Rp 33 jutaan untuk varian V4 dan Rp 34 jutaan untuk opsi R15 M.

Kemungkinan Lain

Model lain yang kemungkinan besar juga meluncur adalah all new Yamaha Fino, belum lama ini berdasarkan data NJKB muncul sebuah kode baru “BE-JAT’ yang didaftarkan Yamaha pada Badan Pendapatan Daerah Provinsi DKI Jakarta dan rumor menyoal kode tersebut mengarah pada generasi baru Fino.

Dari beberapa informasi yang kami rangkum, muncul juga foto yang diduga all new Yamaha Fino sedang diuji coba di kawasan Klampok Banjarnegara.

Analisa lainnya berdasarkan umur, motor ini juga sudah cukup lama tak mendapati penyegaran dari YIMM dan rasanya jika hadir tampilan terbarunya akan semakin siap menantang Honda Scoopy.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis 8 Tips Liburan Akhir Tahun Minim Risiko Penularan Covid-19