Sukses

Kawasaki Ninja ZX-25R Tampil Beringas dengan Tambahan Turbocharge

Tuner Jepang, Trickstar, melakukan modifikasi pada Kawasaki Ninja ZX-25R dengan membenamkan turbocharger. Bagaimana hasilnya?

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran Kawasaki Ninja ZX-25R beberapa waktu lalu sempat membuat gebrakan di dunia otomotif. Ini semacam kilas balik dari pabrikan tersebut untuk menghadirkan motor dengan mesin empat silinder.

Meski spesifikasi mesinnya hanya berkubikasi 250 cc, namun konfigurasi empat silinder menjadi senjata utama dari Kawasaki untuk konsumen mereka.

Rumah modifikasi motor dari Jepang, Trickstar, mencoba hal baru terhadap Kawasaki ZX-25R ini dengan menyematkan turbocharger.

Mengutip young-machine, Ryuji Tsuruta perwakilan dari Trickstar, mengungkapkan penggunaan turbo kini tidak hanya di dasari pada kendaraan roda empat, tetapi untuk motor juga bisa memberikan manfaat lebih.

“Sejujurnya saya tidak tahu berapa performa yang akan dicapai. Saya rasa, saya sudah memiliki berbagai pengetahuan tentang roda empat, tapi saya masih meraba-raba untuk roda dua. Untuk saat ini, tujuannya adalah bisa memiliki mesin Moto3 dengan output 58 tk,” jelas Ryugi.

Dalam modifikasinya ini, Ryugi melakukan beberapa penyesuaian untuk hasil yang maksimal. Beberapa hal tersebut antara lain adalah meriset ulang advance angle dan fuel adjustment serta intercooler.

Untuk settingan boost pressure-nya, Ryugi, sudah menyeting di kisaran 0,4 untuk menghasilkan tenaga yang mumpuni.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belum Berencana untuk Dijual Massal

Bila modifikasi turbo pada mesin Kawasaki ZX-25R ini berhasil, Ryugi, belum terpikirkan untuk menjual hasil risetnya kepada khalayak luas. Menurutnya, modifikasi yang ia lakukan hanya untuk kepuasan diri sendiri.

Saat laporan ini diturunkan, Ryugi, masih terus melakukan riset dan pengembangan terhadap pengaplikasian turbo hingga sesuai dengan keinginannya.

“Saya akan mencoba terus sampai rusak pada riset kali ini,” tandasnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.