Sukses

Xenia Terbaru Dikabarkan Meluncur di GIIAS 2021, Ini Tanggapan Daihatsu

Liputan6.com, Jakarta - Informasi terkait kehadiran generasi terbaru Avanza-Xenia sudah banyak beredar di dunia maya. Rumornya, duet mobil sejuta umat ini, akan mengaspal di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, yang akan berlangsung bulan depan.

Dijelaskan Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), berbicara terlebih dahulu terkait keikutsertaan Daihatsu di ajang GIIAS 2021, memang pihaknya telah menyiapkan segala sesuatunya terkait keikutsertaannya di pameran otomotif berskala internasional tersebut.

"Sudah siap sejak tahun lalu, karena hanya penundaan. Kami telah lakukan persiapan dengan situasi terakhir, dan update soal materi yang akan kami suguhkan nanti," jelas Hendrayadi, saat konferensi pers secara virtual belum lama ini.

Sementara itul, berbicara terkait model baru apa yang akan dibawa ke GIIAS 2021, jenama asal Jepang ini memang masih menutup rapat keran informasi mengenai hal tersebut.

"Kalau ditanya apakah ada produk baru, jawabannya standar. Mungkin nanti lebih baik, melihat dan mengunjungi langsung booth Daihatsu, apakah ada produk baru atau tidak," tegasnya.

Sebagai informasi, terkait Avanza-Xenia baru, memang informasi yang beredar akan mendapatkan banyak ubahan.

Pertama, yang paling disoroti adalah sistem penggeraknya. Di generasi sebelumnya, dua mobil ini mengadopsi gerak belakang, sedangkan untuk model baru nanti digadang-gadang akan menjadi gerak depan.

Hal tersebut, menyusul penggunaan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang menggunakan sistem penggerak roda depan, seperti halnya Daihatsu Rocky dan Toyota Raize.

Ubahan kedua, adalah transmisi CVT. Hal ini, terungkap dari data mengenai tipe dan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) terpampang di situs pemerintahan. Terdapat kode W100RE, yang diyakini merupakan Toyota Avanza baru.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Dua Model

Sementara itu, diambil dari dokumen Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 40 tahun 2021, model baru Daihatsu ini memiliki dua model anyar, dengan kode W100RG dan W101RG. Keduanya, mengusung mesin berkapasitas 1.300cc dan 1.500cc.

Sementara itu, tipenya sendiri, ada lima tipe untuk W100RG dan W101RG tiga tipe.

Selain itu, untuk sistem transmisinya, model baru ini akan mendapatkan pilihan manual dan juga continuously variable transmission atau CVT.

Transmisi yang disebutkan terakhir tersebut, memang sudah digunakan PT Astra Daihatsu Motor (ADM), untuk model Rocky.

3 dari 3 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19