Sukses

Studi: Mayoritas Remaja Lebih Percaya Mengemudi Sendiri Ketimbang Fitur Otonomos

Meski teknologi autonomous sudah mulai disematkan pada mobil terkini, namun, warga di Inggris masih menginginkan untuk mengendarai mobilnya secara mandiri

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan teknologi pada industri otomotif memang begitu pesat. Salah satunya adalah dengan pengadopsian fitur autonomous yang saat ini banyak dipakai pada mobil modern.

Meski begitu, ternyata banyak warga Inggris yang tidak tertarik dengan fitur swakemudi itu. Seperti dilansir carscoops, dalam sebuah penelitian yang dilakukan Volkswagen Financial Services UK, hampir separuh pengemudi di Inggris lebih memilih mengendarai kendaraannya sendiri ketimbang mempercayakan mobilitas mereka terhadap fitur pintar tersebut.

Melalui studi tersebut, sekitar 46 persen pengendara mobil di Inggris, lebih mempercayai keterampilan mengemudi mereka dairpada mengendarai mobil dengan fitur autonomous.

Jika dijabarkan berdasarkan studi tersebut,  sebanyak 52 persen kelompok usia remaja antara 18 - 24 tahun yang lebih percaya diri untuk mengendarai mobil sendiri. Sedangkan kelompok usia dari 25 - 34 tahun, mereka lebih memilih untuk mengandalkan mobil pintar yang bisa mengemudi sendiri.

"Saya pikir penelitian kami menawarkan wawasan yang menarik tentang jiwa kolektif pengendara Inggris karena menegaskan bahwa kami adalah bangsa yang bangga dengan pengemudi dan bahwa kami sangat percaya diri dengan kemampuan mengemudi kami sendiri," jelas Kepala Eksekutif Volkswagen Financial Services UK, Mike Todd.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lambat Laun Seiring Perkembangan Teknologi Akan Diterima Masyarakat

Berdasarkan hasil studi tersebut, secara tidak langsung banyak pengemudi yang masih belum sepenuhnya percaya dengan teknologi buatan manusia tersebut.

Meski beberapa produsen otomotif sudah mulai pamer akan teknologi tersebut, namun menurut Mike Todd, semua memang harus butuh waktu dan penetrasi ke pasar yang lebih baik lagi.

"Ini berbicara banyak, bahwa begitu banyak dari kita lebih suka memegang kendali di belakang kemudi daripada dikemudikan oleh teknologi yang sangat canggih. Jalan menuju otonomi penuh bukan tanpa tantangan – yang menjelaskan sedikit kekhawatiran terhadap kendaraan tanpa pengemudi yang ditemukan dalam penelitian kami – tetapi jika teknologi self-driving terus berkembang dengan kecepatan saat ini, mobil tanpa pengemudi dapat berada di sini lebih cepat dari yang kita kira," tambah Mike Todd.

3 dari 3 halaman

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.