Sukses

Pabrikan Motor Cina Jiplak Moge Lagi, Kali Ini Mirip BMW S1000RR

Liputan6.com, Jakarta - Pabrikan motor asal Cina sering meniru desain milik pabrikan lain. Kali ini BMW S1000RR yang menjadi sasaran jiplakan.

Visualnya diunggah oleh akun Instagram Sigma Motorsport Pakistan, yang menginformasikan jika mereka sebagai agen khusus yang mendistribusikan merek motor-motor Jepang atau China ke pasar otomotif Pakistan.

Dalam feed tersebut, Sigma Motorsport menampilkan beberapa foto dari motor sport full fairing yang boleh dibilang punya kemiripan desain dengan merek motor asal Jerman, BMW S1000RR. Kesamaan wujud terlihat dari bentuk bodi serta lampu depan, DRL, rangka utama, sampai livery atau stripping yang digunakan.

Meski begitu namanya motor jiplakan pasti ada perbedaan dengan detail dari produk aslinya, ini dilakukan perusahaan guna menghindari tuntutan pelanggaran aturan hak cipta. Coba lihat pada bagian fairing depan, bukan S1000RR yang dipasang melainkan S500. Pun pada bagian logo yang secara kasat mata memang mirip namun berbeda dengan logo asli BMW. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi

Tak dijelaskan secara detail spesifikasi yang diusung motor tiruan ini, namun jika melihat dari foto maka konfigurasi mesin yang diusung sepertinya 2-silinder. Pun soal kubikasinya yang kemungkinan besar berisi silinder 500 cc. Tentu ini tak bisa diikuti oleh pabrikan motor China, mereka akan mengeluarkan dan lebih untuk proses produksi jika dibuat mirip dari segi mesin.

Seperti diketahui, BMW S1000RR asli menggendong mesin 999 cc inline empat silinder dengan ShiftCam dan menjanjikan tenaga 207 daya kuda pada 13.500 rpm serta torsi maksimum 113 Nm pada 11.000 rpm yang disalurkan pada transmisi manual 6 percepatan. Motor ini juga dilengkapi dengan perangkat elektronik canggih, mulai dari panel meter TFT, 4 Riding Modes, Engine Brake Control, Hill Start Assist, Traction Control, ABS, dan yang lainnya. 

Menyoal harganya, BMW S1000RR original dijual dengan banderol 19.245 dolar Amerika Serikat atau setara Rp 275 jutaan. Nah sayangnya, pihak distributor di Pakistan tak menginformasikan harga dari kloningan BMW S1000RR tersebut.

Kendati demikian, pabrikan motor asal China yang membuat tiruan BMW S1000R ini cukup detail. Motor tersebut dipasangkan suspensi depan berjenis upside down, pengereman ganda di depan, swing arm berjenis banana, sampai lekuk bodi yang cukup dinamis dan tidak kaku.

Tak bisa dipungkiri praktik meniru dan memproduksi barang-barang memang lekat dalam industri China. Bukan cuma motor saja, bahkan mereka tak segan memproduksi dan menjual mobil tiruan sekelas BMW, Porsche, Audi, Lamborghini, sampai Rolls Royce. 

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Infografis Tips Perawatan Rambut di Masa Pandemi