Sukses

Mendukung Keselamatan Berkendara, Akan Ada Kamera di Motor Honda

Honda motor terus melakukan pembaruan dari sisi penggunaan teknologi. Kini, mereka sudah mematenkan teknologi baru berupa kamera yang akan membantu pengendara lebih merasa aman.

Liputan6.com, Jakarta - Pabrikan motor premium seperti BMW, KTM, Ducati dan Kawasaki, sudah mulai melakukan paten terhadap teknologi baru yang disematkan pada sportbike mereka. Kini, Honda, juga mengikuti langkah tersebut untuk menambah teknologi baru demi kenyamanan penggunanya.

Melalui teknologi baru ini, Honda akan memberikan kemudahan kepada penggunanya lewat fitur sensor optik atau kamera dalam mengumpulkan informasi tentang lalu lintas di depan dan untuk membantu dalam menyokong keselamatan aktif yang disematkan.

Melansir motorradonline, teknologi terbaru ini akan memiliki dimensi yang menyerupai kamera pada smartphone. Meski terlihat kecil namun di dalamnya Honda akan menyematkan konstruksi berupa CMOS, CCD dan MOS yang paling umum.

Mengenai penempatannya, sensor pintar yang membantu fitur keselamatan tersebut akan ditempatkan pada housing lampu depan. Dengan posisi tersebut akan memberikan kemudahan untuk mengumpulkan data terkait lalu lintas.

Penggunaan kamera sebagai teknologi baru pada sepeda motor juga memiliki sisi negatif dibandingkan sensor.

Pasalnya, penyematan sensor tidak dipengaruhi dengan kondisi cuaca entah panas atau hujan seperti halnya penggunaan kamera.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Plus Minus Kamera untuk Keselamatan

Namun, sensor tersebut tidak dapat mendeteksi impuls optik seperti rambu atau lampu rem. Sebaliknya, kamera dapat melakukan ini dengan sangat baik dan tidak harus menafsirkan apa yang dilihatnya terlebih dahulu.

Sedangkan teknologi yang paling baik adalah lidar, melalui fiturnya lidar menjadi penggabungan antara kamera dan sensor sehingga hasil yang diberikan lebih baik lagi.

3 dari 3 halaman

Infografis Sederet Temuan KPK Terkait Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.