Sukses

Torehan Positif Rocky Bisa Mengancam Sirion, Ini Jawaban Daihatsu

Liputan6.com, Jakarta - Senjata terbaru PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Daihatsu Rocky telah resmi meluncur pada Mei 2021. Selama dua bulan diniagakan di Indonesia, model SUV lima penumpang ini sudah terjual hampir 1.000 unit.

Dijelaskan Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Rocky di pasar otomotif Tanah Air ini mendapatkan sambutan yang cukup positif dari masyarakat.

"Penjualan dalam dua bulan Daihatsu Rocky secara retail sebanyak 808 unit. Tipe terbanyak Mei yang 1.000cc karena yang 1.200cc belum launching. Komposisinya retail 90 persen yang 1.000cc," jelas Hendrayadi saat konferensi pers secara virtual, belum lama ini.

Sementara itu, jika dilihat detailnya, Daihatsu Rocky untuk mesin 1.000cc terjual sebanyak 505 unit, dan 1.200cc terkirim 333 unit.

Kemudian, ketika disinggung kehadiran Daihatsu Rocky ini bisa mengganggu keberadaan Daihatsu Sirion, pihak pabrikan yang ahli membuat mobil kompak ini langsung menegaskan hal tersebut tidak akan terjadi.

"Kalau mencari segmen pasar, memang benar saling bersinggungan. Tapi sangat kecil hanya 10 persen. harganya memang tidak berbeda jauh di angka Rp200 jutaan," tambah Hendrayadi.

2 dari 3 halaman

Segmen beda

Namun, segmen keduanya tetap berbeda, yaitu Daihatsu Rocky yang merupakan SUV lima penumpang sedangkan Daihatsu Sirion merupakan citycar meskipun sama-sama dengan konfigurasi lima penumpang.

"Karakternya berbeda, sehingga segmen juga berbeda. Belum tentu yang suka citycar pindah ke SUV atau sebaliknya, tidak segampang itu," pungkas Hendrayadi.

3 dari 3 halaman

Infografis: Deretan Mitos COVID-19 dan Faktanya