Sukses

Korlantas Polri Sebut Puncak Arus Balik Lebaran 2021 Belum Terjadi

Volume kendaraan yang melintas ke arah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) sudah mencapai 21 ribu unit pada akhir pekan ini

Liputan6.com, Jakarta - Volume kendaraan yang melintas ke arah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) sudah mencapai 21 ribu unit pada akhir pekan ini. Namun, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Istiono menyatakan, puncak arus balik usai Lebaran 2021 belum terjadi.

Pasalnya, jumlah kendaraan saat arus balik Lebaran bisa lebih dari 60 ribu unit.

"Untuk biasanya arus balik di atas 60 ribu. Kita lihat nanti perkembangannya,” kata Kakorlantas, seperti disitat dari laman resmi NTMC Polri, Senin (17/5/2021).

Istiono sempat memantau kesiapsiagaan petugas di Pos Penyekat KM 34 Tol Cikampek-Jakarta yang didampingi Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Rudy Antariksawan, dan Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

Berdasarkan statistik, Istiono mengatakan, volume kendaraan dari Jawa Tengah yang masuk Jabodetabek pada musim arus balik lebaran 2020 menurun sebesar 52 persen, dari Jabar menurun 56 persen, dan dari Sumatera menuju Jabodetabek menurun 73 persen.

Dari hasil data tersebut, Istiono memperkirakan puncak arus balik Idul Fitri 1442 berpotensi terjadi pada akhir pekan depan.

Saksika Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak mudik

Lebih lanjut, Istiono mengatakan, penurunan volume kendaraan yang memasuki wilayah DKI Jakarta dipengaruhi Aparat Sipil Negara (ASN), TNI, Polri dan karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang patuh untuk tidak mudik.

“Penurunan angka pemudik indikasi kepatuhan ASN, TNI dan Polri yang tidak melakukan mudik,” katanya dikutip dari Antara.

3 dari 3 halaman

Infografis Awas Lonjakan Covid-19 Libur Lebaran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.