Sukses

Perbandingan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky dari Sisi Eksterior

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky resmi dijual di Indonesia, sebagai produk kolaborasi kelima PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) bersama Astra.

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Raize dan Daihatsu Rocky resmi dijual di Indonesia sebagai produk kolaborasi kelima PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) bersama Astra. Kedua model ini diyakini mampu diterima dengan baik oleh masyarakat, dengan bermodalkan desain yang bergaya serta fitur unggulan layaknya mobil premium.

Keduanya menggunakan platform terbaru yaitu Toyota New Global Architecture (TNGA) dan Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Selain itu, dua model ini juga menggendong mesin tiga silinder 1,0 liter turbo dan 1,2 liter.

Seperti halnya produk kolaborasi lainnya, meskipun disebut model kembar, tetap ada pembeda antara mobil yang menggunakan label Toyota dan Daihatsu termasuk dari segi eksterior.

"Secara keseluruhan (keduanya) sama. Bedanya lebih pada tampilan grille. Rocky ke atas tersenyum lebar dan Raize ke bawah. Sedangkan fitur disesuaikan dengan target konsumen," kata Hendrayadi Lastiyoso selaku Marketing & CR Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

Berbicara eksterior, keduanya memiliki dimensi yang sama, yaitu panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm. Jarak sumbu roda 2.525 mm dengan ground clearance 200 mm.

Dilihat dari desain muka, Toyota Raize tampil lebih sporty, dengan grille besar membentuk trapesium.

Sedangkan Daihatsu Rocky, mendapatkan cukup ornamen krom, karena memang pihak pabrikan menambah varian gres berhias aksesori ADS.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daihatsu Rocky

Tak mau tertinggal tampilan sporty Raize GR Sport, Daihatsu Rocky terlihat lebih simpel lewat ornamen kromium di grille, front-rear skid plate, side body moulding, side guard, garnish pintu dan emblem ADS. Persis kebiasaan Daihatsu yang senang nuansa meriah.

Grille Raize dibuat berkebalikan. Bentuk trapezoidal melebar ke bawah hingga menyatu area fog lamp.

Sementara bagian atas punya grille sendiri yang menyatukan headlamp. Kental nuansa sama seperti desain wajah Agya dan Yaris facelift. Dan untuk pertama kalinya GR Sport jadi varian teratas model Toyota, mengenalkan divisi sport selain TRD Sportivo yang sudah akrab.

Sama juga, sebatas hiasan semata, berupa body kit sekeliling bodi tak lupa emblem GR Sport. Tambahan kesan sporty didapat dari laburan kelir hitam di pelek dan two-tone.

Kini, semua tergantung kepada konsumen, apakah menginginkan eksterior yang sporty atau desain yang lebih sederhana, dengan nuansa sebuah SUV perkotaan yang modern.

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.