Sukses

Secanggih Gawai, Motor Listrik Energica Akan Dilengkapi Fitur Perintah Suara

Liputan6.com, Jakarta - Tidak hanya mobil yang saat ini bisa diperintah lewat pesan suara. Namun, pabrikan motor listrik asal Italia, Energica, kini tengah mengembangkan teknologi baru untuk memberikan fitur baru pada sepeda motor.

Berdasarkan laporan motorroadonline, Energica tengah berkolaborasi dengan dua perusahaan besar di Italia untuk mewujudkan mimpinya tersebut. Mereka adalah Cellularine dan Alascom. Cellularine sendiri merupakan penyedia layanan aksesoris terkemuka di Eropa. Sedangkan Alascom, akan memainkan perannya sebagai konsultan di bidang teknologi informasi dan komunikasi dalam kolaborasi tersebut.

Dalam keterangan resminya, Giampiero Testoni, Chief Technology Officer (CTO) Eneergica, mengatakan nantinya teknologi kontrol suara tersebut akan menampilkan sebuah fitur yang inovatif. Pasalnya melalui perintah suara ini, pengendara motor tidak lagi terganggu dengan tampilan speedometer.

"Berkat sistem komunikasi inovatif ini, pengendara akan mendapat menemukan informasi tentang kendaraannya dengan mudah dan tanpa ada gangguan saat berkendara. Alascom akan menggunakan kecerdasan buatannya untuk memandu konsumen dalam berkreasi dalam meningkatkan pengalaman berkendara melalui asisten suara," jelas Giampiero.

 

2 dari 4 halaman

Bisa Digunakan untuk Merubah Mode Berkendara

Beberapa fitur yang nantinya akan dibenamkan pada line up Energica adalah untuk memberikan kenyamanan atau mengubah sistem berkendara. Jika biasanya untuk merubah mode berkendara harus menggunakan tombol, nantinya melalui teknologi ini pengendara hanya butuh memerintahkan fitur ini untuk menjalankan fiturnya.

Jika pengendaranya memerintahkan 'Tolong sesuaikan sasis untuk berboncengan dengan barang bawaan', nantinya, melalui perintah tersebut maka motor akan menyesuaikan keingian dari pemiliknya. Sedangkan fitur lainnya, teknologi ini juga akan mengerjakan untuk mengubah mode berkendara tanpa harus repot-repot menekan tombol yang ada di setang motor.

3 dari 4 halaman

Infografis Perbandingan Vaksin Covid-19 Sinovac dengan AstraZeneca

4 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini