Sukses

Tesla Kesulitan Lampaui Penjualan Mobil Listrik Wuling

 

Liputan6.com, Jakarta - Popularitas Tesla terus naik di pasar otomotif Cina. Meski demikian, Tesla kesulitan dalam melampaui penjualan mobil listrik Wuling di Negeri Tirai Bambu.

Pasalnya, mobil listrik Wuling yakni Hong Guang Mini memiliki banderol yang amat sangat terjangkau. Cuma Rp 63 jutaan. Mobil inipun sudah terjual lebih banyak dari Tesla di Tiongkok.

Melansir Carscoops, Jumat (5 Maret 2021), tercatat pada semester II tahun lalu, Hong Guang Mini terjual 112.000 unit di Tiongkok, masih tertinggal dari penjualan Tesla Model 3 yang diproduksi di Shanghai.

Tapi pada Januari 2021, Hong Guang Mini langsung menyalip Tesla Model 3 dengan perbandingan nyaris 2:1. Hong Guang Mini terjual 25.778 unit, Model 3 terjual 13.843 unit.

Namun perlu dicatat, dua mobil itu tidak bisa diperbandingkan karena satu Model 3 punya harga Rp549 juta di Tiongkok. Itu artinya satu unit Tesla bisa dapat delapan unit Hong Guang Mini.

Hanya saja, fakta mobil listrik lokal bisa melewati jumlah penjualan Tesla tetap dianggap penting.

Para pakar mengatakan jika dibandingkan Tesla, kualitas baterai, jarak tempuh dan kinerja mobil Wuling tersebut jauh tertinggal. Namun, harganya yang murah dan kepraktisannya membuat Hong Guang Mini sangat laris.

Sebenarnya kinerja Tesla tidak bisa dikatakan menurun, volume penjualannya di Tiongkok tahun lalu tiga kali lipat dari tahun sebelumnya.

 

2 dari 4 halaman

Spesifikasi

Sekadar informasi, dimensi mobil Hong Guang Mini EV hanya sekitar 2,9x1,5 meter, tetapi mampu menampung empat orang termasuk sopir.

Kecepatan maksimal model standar bisa tebus 100 km/jam. Jika dilengkapi AC, harga mobil ini naik menjadi sekitar Rp70 juta.

Pemerintah Tiongkok menawarkan beragam insentif untuk mobil listrik, termasuk plat nomor gratis. Ini penting karena di negara itu, butuh berbulan-bulan bahkan kadang tahunan untuk mendapatkan plat nomor, sebagian harus melalui proses lelang.

Wuling dikabarkan akan segera mengekspor Hong Guang Mini. Ada rencanya dijual di Indonesia?

Sumber: Dream.co.id

3 dari 4 halaman

Infografis 4 Manfaat Penting Vaksinasi Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: