Sukses

Ganjar Pranowo Pamer Bus Anti Corona

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo baru-baru ini memperkenalkan bus gaya baru. Dirinya menyebutnya sebagai bus anti Corona.

Kabar itu ia bagikan melalui sosial media Instagram dengan akun @ganjar_pranowo. Bus dengan konfigurasi tempat duduk 1-1-1 itu merupakan milik PO Sumberalam yang berkolaborasi perusahaan karoseri Laksana.

"Kemarin kita luncurkan bus "anticorona". Idenya Karoseri Laksana sangat keren. Langsung melakukan penyesuaian di tengah Pandemi. Ada dua model bus, satu untuk penumpang umum dan yang satu untuk laboratorium. Setelah lihat interiornya, menurutmu gimana, ok gak?," tulis Ganjar Pranowosebagai keterangan video yang diunggahnya.

Ganjar Pranowo mengatakan, bus tersebut bisa digunakan untuk penanganan Corona. "BSL (Biosafety lebel) 2 dan didesain oleh karoseri dari Jawa Tengah, Laksana," kata Ganjar dalam video tersebut.

Disebutkan, bus ini merupakan prototipe Bio Smart and Safe Bus. Ada dua tipe yang disuguhkan, yakni bus penumpang untuk umum, dan bus bio laboraturium untuk wilayah yang tak memiliki Rumah Sakit.

"Bus ini digunakan untuk kebutuhan laboraturium pada umumnya, tetapi karena pandemi sekarang ini bus ini rencanaya akan digunakan untuk pengetesan PCR atau SWAB test," kata Stefan Arman selaku Direktur Teknik Laksana Bus.

 

2 dari 5 halaman

Menerapkan Protokol Kesehatan

Selain dilengkapi dengan teknologi canggih, bus ini juga memiliki pengurai bakteri.

"Jadi kita gunakan sistem segitiga sehat, di mana lingkungannya harus direkayasa yaitu duduknya sudah physical distancing. Kemudian dari sisi patogen, di sini sudah dilengkapi nano silver sehingga kalau ada bakteri yang menempel di permukaan itu akan terurai," jelas Anthony Steven Hambali sebagai owner PO Sumber Alam.

 

3 dari 5 halaman

Komentar Warganet

Bus inipun mendapat respons positif dari warganet.

"Kalo Corona udah reda, bus ini bisa jadi alternatif transportasi para jomblo biar merasa tidak sendirian (jomblonya)," komentar @iamfaisaldwiwijayanto.

"Joss boss... langsung wajibkan u setiap angkutan umum bus yg beroperasi," kata @cak_panca.

"Mantap inovasi dari @laksanabus semoga bisa jadi contoh bagi karoseri maupun pengusaha bus lainnya," ujar @hendi.irwanto.

"Mantap karya anak bangsa menuju Indonesia maju," sahut @mustangmursalim.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Ganjar Pranowo (@ganjar_pranowo)

4 dari 5 halaman

Infografis 3 Keajaiban Cuci Tangan Saat Pandemi Covid-19

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: