Sukses

Buat yang Belum Tahu, Ini Sejarah Panjang Pembuatan Helm

Helm menjadi salah satu perlengkapan berkendara yang sangat penting. Dengan menggunakan pelindung kepala ini, tentunya memperkecil risiko luka berat hingga meninggal dunia jika terjadi kecelakaan

Liputan6.com, Jakarta - Helm menjadi salah satu perlengkapan berkendara yang sangat penting. Dengan menggunakan pelindung kepala ini, tentunya memperkecil risiko luka berat hingga meninggal dunia jika terjadi kecelakaan.

Sesuai dengan fungsinya, berdasarkan laman resmi Federal Oil, sejarah pembuatan helm berdasarkan masa kelam di masa lalu yang melibatkan nyawa ketika berkendara menggunakan motor.

Hadirnya tragedi tersebut membuat helm diciptakan untuk keselamatan manusia ketika berkendara.

Tragedi 1935

Pada 1935, pernah terjadi kecelakaan sangat fatal yang telah dialami oleh pria asal Inggris bernama T.E Lawrence. Pada saat itu, Lawrence sedang mengendarai sepeda motor jenis Brough Superior SS100.

Saat itu ia melintas di jalanan menurun, dan pandangannya terhalangi oleh keberadaan anak-anak yang sedang melintas bersepeda di jalan tersebut. Nah, insiden inilah yang membuat Lawrence kecelakaan.

Niat baik untuk menghindari anak-anak yang sedang melintas menggunakan sepeda, membuat Lawrence membanting stang dan akhirnya terlempar dari kendaraannya sendiri.

Tahun 1931-1953

Pada Periode 1931 hingga 1953, terdapat 2 pabrik motor yang saling bersaing dan berebut memproduksi sepeda motor tercepat.

Tanpa disadari persaingan tersebut juga berakibat pada tingkat kematian yang semakin tinggi karena kecelakaan sepeda motor tanpa menggunakan helm.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tahun 1941

Terdapat seorang peneliti bernama Crains yang sedang menemukan hambatan tentang keselamatan berkendara menggunakan motor.

Hambatan yang terjadi adalah Crains menemukan bahwa hanya sedikit orang yang menggunakan helm motor ketika berkendara.

Pada akhirnya, angkatan darat Inggris memberikan sebuah solusi. Hal ini terjadi karena dua anggotanya mengalami kecelakaan ketika mengendarai motor.

Saat itulah terdapat aturan bagi semua pengendara untuk wajib mengenakan helm dari bahan gabus atau karet

 

3 dari 4 halaman

Tahun 1957

Pada tahun ini, mulai banyak produsen yang sudah mengembangkan berbagai macam helm. Selain itu sudah banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang pengujian helm.

Helm yang memiliki kualitas baik yaitu helm yang dilengkapi dengan tanda kualitasnya seperti stiker Snell yang lolos tes pengujian.

Tahun 1971

Seorang penemu helm bernama Bell sudah mengembangkan helm motor full face dan helm motor off-road pertama kalinya pada tahun ini.

Kemudian, tiga tahun berikutnya, departemen perhubungan Amerika Serikat sudah mewajibkan semua produsen helm untuk mematuhi standar yang sudah disetujui.

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.