Sukses

Jangan Sampai Salah, Berikut Ciri Motor Mengalami Overheat

Mesin kendaraan terlalu panas bisa membuat komponen ini mengalami overheat. Pada umumnya, overheat terjadi karen pendingin pada motor tidak berfungsi secara maksimal.

Liputan6.com, Jakarta - Mesin kendaraan terlalu panas bisa membuat komponen ini mengalami overheat. Pada umumnya, overheat terjadi karena pendingin pada motor tidak berfungsi secara maksimal.

Biasanya pengendara akan mengetahui adanya kesalahan pada mesin karena motor secara tiba-tiba kehilangan tenaga saat dikendarai.

Kondisi overheat pada motor akan membuat mesin mengalami kerusakan parah apabila tidak diatasi dengan baik.

Karena itu, pemilik kendaraan perlu mengetahui ciri motor mengalami overheat, seperti dilansir Federal Oil, Jumat (6/11/2020), berikut ulasannya.

Ciri utama motor mengalami overheat ialah tidak dapat berjalan saat digas. Mesin motor seperti mengalami kemacetan dan tidak memiliki tenaga lagi saat digas. Kondisi ini akan memperparah kondisi mesin apabila motor terus dipaksa untuk berjalan.

Ciri selanjutnya ialah knalpot pada motor mengeluarkan asap ketika mesin sedang menyala. Selain itu, motor yang mengalami overheat identik dengan bau gosong karena asap yang keluar dari knalpot atau mesin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jangan Paksa Berjalan

Apabila kendaraan sudah mengalami ciri-ciri tersebut, sebaiknya tepikan motor dan tak memaksakan untuk tetap berjalan. Sebab, hal ini akan memperburuk kondisi mesin motor dan mempersulit proses perbaikan.

Agar motor tidak mudah mengalami overheat, pemilik kendaraan harus rutin melakukan servis ke bengkel resmi atau bengkel langganan.

3 dari 3 halaman

Infografis 3M Turunkan Risiko Covid-19 Berapa Persen?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.