Sukses

Mau Berkendara Aman dan Nyaman Bersama Bayi, Lakukan 4 Hal Ini

Berkendara bersama keluarga merupakan momen yang indah. Bagi yang sudah memiliki bayi, tentu banyak hal yang harus dipersiapkan.

Liputan6.com, Jakarta - Berkendara bersama keluarga merupakan momen yang indah. Bagi yang sudah memiliki bayi, tentu banyak hal yang harus dipersiapkan.

Kalau ingin bepergian dengan kendaraan pribadi, kamu harus mempersiapkan dengan seksama keamanan dan kenyamanan setiap anggota keluarga. Tentu kamu tidak mau kegiatan ini berubah menjadi pengalaman tak menyenangkan karena si kecil merengek sepanjang perjalanan. 

Persiapan mulai dari keperluan sehari-hari dan liburan, hingga keamanan dan kenyamanan selama di perjalanan harus jadi perhatian.

Dikutip dari Mobil88, ada empat tips membawa bayi berkendara nyaman dan aman selama dalam perjalanan. Sudah penasaran? Yuk langsung disimak satu per satu. 

Hal pertama harus dipersiapkan adalah pemilik mobil sebaiknya memiliki kursi bayi. Dibanding memangku atau menggendong bayi sepanjang perjalanan, menggunakan kursi bayi akan lebih aman sekaligus nyaman buat si kecil.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pilih Kursi Bayi yang Pas

Pastikan memilih kursi bayi yang pas sesuai dengan umur anak. Terdapat beberapa pilihan kursi bayi yang dijual di pasaran. Mulai dari kursi khusus bayi 0-6 bulan, 6-12 bulan, atau 12-48 bulan.

Kedua, jika ingin menjaga keamanan dengan tepat, letakkan kursi bayi yang benar, yaitu di baris belakang mobil. Untuk bayi di bawah 6 bulan adalah menghadap ke belakang kaca mobil, sedangkan bayi di atas 6 bulan sudah bisa menghadap ke depan kaca mobil.

Jika memang ingin meletakkan anak di baris depan mobil, pastikan umurnya sudah lebih dari 2 tahun. Untuk yang bobotnya berat dan ukuran tubuh besar (di luar berat badan normal), kamu bisa menggunakan booster seat untuk tetap memberikan kenyamanan kepada balita. 

3 dari 4 halaman

Perhatikan Tempat Duduk Bayi

Ketiga, selain memperhatikan tempat duduk bayi, pastikan untuk menyediakan segala keperluannya di dalam mobil dengan rapi. Sediakan kotak khusus yang berisi makanan, minuman, kudapan, tisu kering, tisu basah, popok, dan baju ganti di dalamnya.

Untuk menjaga sterilitas, pisahkan jadi dua jenis kotak dan letakkan kotak makanan di sampingnya agar lebih mudah ketika waktu makan tiba di perjalanan.

Keempat, saat membawa bayi di dalam mobil, pastikan agar sang ibu duduk di sampingnya. Jangan biarkan bayi sendirian di belakang karena dikhawatirkan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.  

Sumber: Dream.co.id

4 dari 4 halaman

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.