Sukses

Menteri Jokowi Pakai Toyota Crown, Model Terbarunya Sudah Meluncur

Penyegaran untuk Toyota Crown 2021 ini, terlihat di bagian interior dengan konsol tengah yang didesain ulang.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai pembantu presiden, seluruh menteri di jajaran Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 mendapatkan mobil dinas baru, yaitu Toyota Crown. Sedan mewah yang digunakan oleh Menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi), merupakan tipe 2.5 HV G-Executive Hybrid.

Namun, Toyota Crown untuk pasar Negeri Matahari Terbit ini, ternyata sudah mendapatkan model pembaruan 2021. Bahkan, model tersebut sudah tersedia di seluruh dealer Jepang.

Melansir Carscoops, penyegaran untuk Toyota Crown 2021 ini, terlihat di bagian interior dengan konsol tengah yang didesain ulang. Kenyamanan penumpang belakang juga mendapatkan peningkatan, dengan ventilasi baru di bagian plafon.

Sedangkan dasbor, sudah tersedia layar sentuh berukuran 12,3 inci, yang digunakan sebagai perangkat hiburan. Selain itu, mobil ini juga menggunakan bahan serat karbon, agar tampilannya lebih mewah dan berkelas.

Fitur lainnya, Toyota Crown ini sudah dilengkapi Toyota Safety Sense, yang mencakup fitur keselamatan, seperti radar cruise control, deteksi pejalan kaki siang dan malam hari, dan pedeteksi pesepeda siang hari.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mesin

Mesinnya, masih menggunakan unit berkapasitas 2,0 liter turbocharged dengan dengan daya 241 Tk, serta versi hybrid yang mengusung mesin bensin 2,5 liter dan V6 3,5 liter dengan tenaga 354 Tk.

Harganya, Toyota Crown dibadnerol mulai 4,89 juta sampai 7,39 juta yen atau setara dengan Rp679 jutaan sampai Rp1 miliaran.

 

3 dari 4 halaman

Jadi Mobil Dinas Menteri, Ini yang Spesial dari Toyota Crown 25 HV G-Executive

Salah satu mobil mewah asal Jepang, Toyota Crown 25 HV G-Executive resmi menjadi kendaraan dinas untuk menteri baru Kabinet Kerja, pejabat setingkat menteri, ketua/wakil ketua MPR, DPR, dan DPD. Model tersebut, menggantikan Toyota Crown Royal Saloon yang telah digunakan selama 10 tahun.

Dikutip dari laman resmi Setkab.go.id, pengadaan mobil dinas baru ini dilakukan dengan lelang, dan dimenangkan oleh PT Astra International Tbk-TSO yang menyediakan 101 unit kendaraan dengan nilai Rp147,2 miliar.

Berbicara spesifikasi, Toyota Crown 25 HV G-Executive ini merupakan mobil hybrid, dan bsa dilihat dari kodenya HV (Hybrid Vehicle).

Sedan mewah ini, menggendong mesin 2,5L Dynamic Force Engine Hybrid System. Dengan mesin tersebut, mobil ini mampu menghembuskan daya hingga 223 Tk dengan torsi maksimum sebesar 221 Nm.

Dari sisi interior mobil ini dilengkapi dua layar berukuran 8 inci dan 7 inci untuk yang menjadi pusat untuk mengatur beragam fitur di mobil.

Soal sistem keselamatan, Toyota menerapkan rangkaian fitur, seperti Toyota Safety Sense II yang meliputi fitur Dynamic Radar Cruise Control, Lane Tracing Assist (LTA), Automatic High Beam, Adaptive High Beam System.

Menyoal harga, di pasar Jepang mobil ini dibanderol 6,3 juta yen atau setara dengan Rp844 juta.   

4 dari 4 halaman

Infografis 7 Gejala Anda Terjangkit Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.