Sukses

Baterai Berpotensi Terbakar, Puluhan Ribu Hyundai Kona Listrik Kena Recall

Kementerian Transportasi Korea Selatan mengatakan, Hyundai akan melakukan penarikan kembali untuk diperbaiki atau recall kendaraan listriknya, Hyundai Kona.

Liputan6.com, Seoul - Kementerian Transportasi Korea Selatan mengatakan, Hyundai akan melakukan penarikan kembali untuk diperbaiki atau recall kendaraan listriknya, Hyundai Kona. Hal ini, dikarenakan kemungkinan korsleting karena kesalahan produksi sel baterai bertegangan tinggi dan dapan menimbulkan risiko kebakaran.

Melansir Reuters, recall ini akan dilakukan mulai 16 Oktober 2020, yang mencakup perbaikan perangkat lunak dan penggantian baterai setelah dilakukan pemeriksaan.

Kampanye penarikan kembali ini melibatkan sebanyak 25.564 unit Kona, yang diproduksi antara September 2017 hingga Maret 2020.

Seorang juru bicara Hyundai mengatakan, pihaknya kini tengah melakukan pemeriksaan terkait masalah tersebut, dan belum bersedia memberikan komentar.

Sementara itu, berdasarkan keterangan Anggota Parlemen Partai yang berkuasa saat ini, Jang Kyung Tae, sekitar 13 kasus kebakaran Hyundai Kona, termasuk di Kanada dan Austria telah didata hingga saat ini.

Hyundai Kona listrik sendiri menggunakan baterai yang dibuat oleh LG Chem, dan dari pihak produsen baterai ini masih belum bersedia berkomentar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terdaftar di Samsat DKI Jakarta, Kia Sonet Meluncur di Indonesia?

KIA Sonet sudah terdaftar di situs resmi Samsat DKI Jakarta. Ini bisa menjadi salah satu tanda SUV asal Korea Selatan tersebut akan meluncur di Indonesia. 

Tertulis dengan kode SONET 1.5 AT dan SONET 1.5 MT, terlihat jelas bahwa KIA Sonet nantinya mengusung mesin berkapasitas 1.500 cc. Hanya saja, dapur pacu ini tampaknya berbeda dengan versi India, bukan diesel melainkan berbahan bakar bensin.

 

3 dari 4 halaman

Pilihan Transmisi

Seperti namanya, KIA Sonet tersedia dalam 2 pilihan transmisi, yakni otomatis dan manual. Menariknya, mobil SUV ini disebut-sebut akan memiliki sistem transmisi otomatis konvensional yang dilabeli "Advance AT".

Sebelumnya, pihak PT Kreta Indo Artha, distributor mobil KIA di Indonesia, juga sudah memastikan bahwa KIA Sonet akan segera dirilis. Ini tak terlepas dari fokus mereka dalam menggarap segmen SUV di pasar otomotif Tanah Air.

4 dari 4 halaman

Infografis Yuk Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.