Sukses

Mau Uji Kemampuan Masker, Cukup dengan Tiup Lilin

Masker scuba dan buff dinilai tidak efektif mencegah percikan yang mengandung virus Corona Covid-19. Hal tersebut disebabkan bahan pembuatannya yang terlalu tipis.

Liputan6.com, Jakarta - Masker scuba dan buff dinilai tidak efektif mencegah percikan yang mengandung virus Corona Covid-19. Hal tersebut disebabkan bahan pembuatannya yang terlalu tipis.

Profesor Pratiwi Pujilestari Sudarmono, pakar mikrobiologi dari Universitas Indonesia mengatakan, sesungguhnya ada cara mudah untuk melihat apakah sebuah masker benar-benar berfungsi dengan baik atau tidak.

Saat dihubungi Health Liputan6.com, ditulis Jumat (25/9/2020), Pratiwi mengatakan bahwa metode meniup korek api atau lilin sambil menggunakan masker bisa dilakukan untuk menguji efektivitas masker dalam menyaring udara.

"Selama meniup dan lilinnya masih bisa mati, berarti dia masih bolong (masker), udara masih bisa lewat," kata Pratiwi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

N95

Ia menambahkan, untuk bisa menahan virus, maka masker harus memiliki kerapatan kurang dari 0,1 mikron. Perlindungan ini hanya bisa didapatkan dari masker N95.

Namun, Pratiwi menegaskan bahwa masker N95 hanya diperuntukkan untuk tenaga kesehatan.

"Karena pembuatannya kan memang sangat mahal. Secara teknologi juga bukan teknologi yang sederhana, (dibuat) dengan baik," tambahnya.

 

3 dari 4 halaman

Masker Kain

Sementara, masker kain pada umumnya mampu melindungi dari partikel berukuran sekitar 0,3 mikron. Untuk itu, Pratiwi tetap meminta masyarakat untuk menggunakan masker kain tiga lapis saat beraktivitas di masa pandemi.

Soal masker scuba atau buff, Pratiwi mengatakan bahwa memang keduanya memiliki lapisan yang terlalu tipis. "Coba saja Anda tiupkan pakai korek api, dari balik (masker) scuba kan masih mati."

"Jadi pakai kain saja tiga lapis, itu sudah cukup." 

4 dari 4 halaman

Infografis Pakai Masker Kain SNI, Jangan Scuba dan Buff

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.