Sukses

Ini Jawaban BMW Motorrad Indonesia Soal Rumor G310 RR

Liputan6.com, Jakarta - BMW Motorrad pernah memamerkan BMW G310 RR Concept dalam ajang BMW Motorrad Days 2018. Kabarnya, versi produksi motor sport 1-silinder 310 cc ini akan dihadirkan pada 2020 mendatang.

Jika benar, ada kemungkinan BMW G310 RR versi produksi ini diprediksi juga akan masuk ke pasar otomotif Tanah Air. Namun, rumor ini langsung ditepis oleh petinggi BMW Motorrad Indonesia.

"BMW G310 RR? Itu tidak benar. Belum ada rencana BMW G310 versi fairing," terang Joe Frans, CEO BMW Motorrad Indonesia saat dihubungi redaksi Otosia melalui pesan singkat malam kemarin (18/9).

Wujud BMW G310 RR Concept memang cukup menarik perhatian. Sportbike ini menggunakan bodi full-carbon dari depan sampai belakang. Selain itu, tampilan depannya cukup mirip dengan kakaknya, BMW S1000 RR.

Dapur pacunya masih sama, 1-silinder 313 cc liquid-cooled. Menariknya, jantung penggerak ini dipadukan dengan knalpot underseat atau tepat di bawah jok penumpang.

Sumber: Otosia.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

BMW Motorrad Kembangkan Perangkat Aero Canggih, Intip Keunggulannya

Sebuah gambar paten yang memperlihatkan perangkat aero terbaru dari BMW Motorrad beredar secara online. Dari gambar tersebut diketahui BMW S 1000 RR akan mengalami peningkatan aerodinamika.

Seperti dilansir Motorbeam, Rabu (16/9/2020), arsip yang berada di Jerman tersebut menunjukan aerodinamika aktif menjadi salah satu hal yang diperhatikan pabrikan saat ini.

Hal itu tak terlepas dari banyaknya pabrikan yang juga melakukan perubahan dari sisi perangkat aero yang disematkan pada sepeda motor andalan.

Tak hanya itu, perangkat aero juga mendorong pabrikan untuk mengembangkan teknologi lebih cepat terkait peraturan terbaru WorldSBK yang memungkinkan penggunaan bodywork dapat digerakkan selama balapan.

Selain pabrikan menghadirkan mesin balap terbaru, perangkat aero juga bisa diaplikasikan pada sepeda motor legal di jalan raya.

 

3 dari 3 halaman

Berpotensi Lebih Cepat di Trek Balap

Dari gambar yang dimiliki BMW Motorrad, kita dapat melihat diagram sederhana yang menunjukkan sayap aerodinamis ditempatkan di fairing, garpu depan, swingarm belakang, dan tempat duduk penumpang.

Berbeda dengan milik Honda, sistem BMW terlihat memiliki swingarm yang bisa ditarik kembali saat tak digunakan. Hal ini akan memberikan pengendara stabilitas yang lebih baik.

Siap digunakan pada model S 1000 RR, perangkat ini memiliki potensi untuk melaju lebih cepat di trek balap.

Namun, tak menutup kemungkinan perangkat ini akan digunakan pertama kali pada MS 1000 RR yang tengah dikembangkan oleh BMW Motorrad’s M Power Performance subdivision.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini