Sukses

Simak Kecanggihan Bus Nirsopir 5G yang Sedang Diuji Coba

Transportasi berbasis autonomous atau nirsopir memang seringkali disebut-sebut menjadi transportasi masa depan. Tidak heran jika pabrikan mobil berlomba-lomba untuk menghadirkan teknologi nirsopir.

Liputan6.com, Zhengzhou - Transportasi berbasis autonomous atau nirsopir memang seringkali disebut-sebut menjadi transportasi masa depan. Tidak heran jika pabrikan mobil berlomba-lomba untuk menghadirkan teknologi nirsopir.

Teknologi transportasi nirsopir sebenarnya bukan hal yang baru. Transportasi umum berteknologi nirsopir sedang memasuki tahap pengujian. Seperti diberitakan Xinhua, Zhengzhou Yutong Bus Co., Ltd. sudah melakukan pengujian bus nirsopir yang dilengkapi jaringan 5G selama 2 bulan terakhir.

"Cloud control platform kami memiliki 7 fungsi utama, termasuk 'cek kesehatan sendiri' dan 'parkir otomatis'. Fungsi 'parkir otomatis' adalah bus bisa parkir sendiri tanpa pengemudi. Selain itu, ada 'cas otomatis' dimana saat baterai bus sudah nyaris kosong, bus akan berpindah secara otomatis dari tempat parkir ke stasiun pengisian. Fitur ini dapat meningkatkan efisiensi pengoperasian di terminal kami, " ungkap Zhang Like, Insinyur Zhengzhou Yutong Bus Co., Ltd. kepada Xinhua.

Berdasarkan sistem pengoperasian pintar ini, penumpang bisa mengakses fungsi intelligent call melalui satu sentuhan. Fungsi ini akan memanggil bus mini nirsopir untuk menjemput dan mengantar penumpang di area terminal. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kehadiran Sopir Tetap Diperlukan

Bus nirsopir Yutong terintegrasi dengan infrastruktur yang ada, contohnya adalah lampu lalu lintas. Dari dalam bus penumpang bisa melihat beragam informasi melalui layar yang ada. Layar tersebut menampilkan kecepatan bus, saat mendekati lampu lalu lintas, akan muncul di layar estimasi waktu menunggu lampu merah.

Meskipun sudah berteknologi nirsopir dan mengadopsi jaringan 5G, kehadiran sopir tetap diperlukan. Menurut Qin Zhaodong, Insinyur Zhengzhou Yutong Bus Co., Ltd., kehadiran sopir penting untuk memenuhi regulasi yang berlaku. 

"Peran utama sopir adalah memastikan keselamatan. Saat bus menghadapi situasi darurat atau cloud control system minta sopir untuk mengambil alih kendali, maka sopir akan mengendalikan bus secara langsung kapan saja," ungkap Qin Zhaodong ke Xinhua.

3 dari 3 halaman

Jokowi Ingin Transportasi Tanpa Pengemudi di Ibu Kota Baru, Seperti Ini Teknologinya

Saat persiapan terkait pembangunan ibu kota negara di Kalimantan Timur, Presiden Joko Widodo atau Jokowi ingin ibu kota baru nanti menggunakan transportasi berbasis autonomous atau tanpa pengemudi.

"Baik yang berkaitan dengan transportasi, karena di ibu kota baru nantinya transportasi umumnya, transportasi massanya akan menggunakan autonomous vehicle," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas persiapan pemindahan ibu kota di Kantor Presiden, Rabu (15/1/2020).

Mobil dengan teknologi nirsopir sebenarnya bukan hal yang baru. Dan tidak semua teknologi nirsopir yang disematkan pada mobil setara.

Dilansir autoevolution, perbedaan bukan dari pabrikan yang membuatnya, melainkan kemampuan nirsopir yang dimiliki.

Terdapat enam tingkatan teknologi nirsopir yang bisa dikenali. Klasifikasi ini mengacu kepada standar SAE International dan telah digunakan oleh U.S. Department of Transportation (DoT) dan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) di November 2017.

Berikut ini adalah enam tingkatan teknologi nirsopir atau tanpa pengemudi:

Baca selengkapnya di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.