Sukses

Mengintip Ubahan Peugeot 3008 Facelift yang Rilis Bulan Depan

Model facelift Peugeot 3008 dikabarkan bakal dirilis pada 1 September 2020. Berhubung masih pandemi Corona Covid-19, peluncuran dilakukan secara daring.

Liputan6.com, Jakarta - Model facelift Peugeot 3008 dikabarkan bakal dirilis pada 1 September 2020. Berhubung masih pandemi Corona Covid-19, peluncuran dilakukan secara daring.

Namun perubahan muka itu bocor di laman Forum-Peugeot. Sang singa Prancis terlihat memiliki dekorasi muka lebih intimidatif ketimbang model lawas.

Lihatlah, roman depan direvisi dengan kisi-kisi utama lebih rapat berupa corak garis dan titik kromium. Di atas logo singa berdiri, ditempel lencana 3008. Mata utama yang dulu bergaya cakar kini berubah bentuk.

Pakai sudut lancip tapi sisi samping menggunakan DRL (lampu siang hari) memanjang ke bawah. Agak mirip seperti Peugeot 208 dan 508 anyar. Lalu intake utama lebih jembar dan lateral kian mencuat. Komposisi ini jelas terlihat lebih dinamis nan atletis.

Ubahan visual lainnya mencakup lampu belakang yang diperbarui berupa grafis kian menonjol. Pembaruan kecil juga menjalar ke dasbor i-kokpit juga.

Peugeot 3008 facelift bakal menggunakan sistem infotainment baru, dengan tampilan jauh lebih besar dari sebelumnya. Bagian dan panel lain lebih kurang terlihat sama.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur-Fitur

Rancangan interior SUV ini agak mirip dengan ruang kendali pesawat. Peugeot menamainya sebagai i-Cockpit. Semua serba digital di dalam 3008. Lalu sebuah floating monitor (mengambang) tertancap di tengah.

Kemungkinan berukuran 10 inci. Kemudian Anda bisa mengintegrasi smartphone dengan Bluetooth, Apple CarPlay, voice recognition dan navigasi GPS. Bahkan gambar bangunan serta jalanan sekitar bisa muncul di meter cluster 12,3 inci. Tampilan antarmuka pun bisa diganti sesuai selera.

Di model lama, perangkat audio tertanam pakai tipe 2-way dengan sebaran frekuensi detail. Mulai dari low, middle dan high yang terdengar jernih lewat sepasang tweeter. Itu berkat tatanan Arkamys 3D Sound Staging.

Untuk mengisi baterai gawai Anda, tersedia power socket di semua baris. Kalau dilihat dari bocoran, spesifikasi kabin tampak indentik. Fitur terpasang diharap tetap bertahan, syukur ditambah.

Belum ada info soal jantung pacu. Opsi mesin disinyalir tidak berubah. Ia memakai unit bensin dan diesel, serta dua mesin empat silinder 1,6 liter hybrid.

Lalu versi plug-in hybrid sanggup menyuplai tenaga 296 Hp (300 Ps) dan daya jelajah 36 mil (58 km).

 

3 dari 3 halaman

Model di Indonesia

Sedangkan di Indonesia, Peugeot menanam mekanikal pacu EP6FDTM 4-silinder 1,6-liter THP (Twin Scroll Turbo High Pressure). Mesin ini tertancap pula di sportscar RCZ, 3008 serta 5008.

Hasil pembakaran bensin dari induksi turbo, membuncahkan daya maksimal 167 PS di 6.000 rpm. Lalu torsi puncak 240 Nm mulai dari 1.400 rpm. Untuk melesat bisa mencapai kecepatan puncak 206 km/jam.

Semua didistribusi melalui roda depan (FWD) via transmisi otomatis 6-speed. Enjin terpasang pada SUV premium ini dipakai banyak model.

Berbagi mesin ialah salah satu cara pabrikan demi meringkas dana riset dan memudahkan pemeliharaan bagi konsumen. Termasuk urusan suku cadang.

Info tambahan, Peugeot 3008 merupakan SUV terlaris ketiga di segmennya di Eropa. Posisi penjualan tepat di bawah Nissan Qashqai (X-Trail) selanjutnya rival selevel datang dari VW Tiguan. Makanya, demi menjaga dan menumbuhkan pasar, mereka melakukan ubahan ringan pada sektor eksterior dan interior.

Semoga saja market di sini kebagian, walau tergolong ceruk market spesifik. Model lama dijajakan Rp 670 juta on the road Jakarta. Andai masuk, angkanya bisa saja tembus Rp 700 jutaan.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.