Sukses

Moge Listrik Ini Lebih Canggih dari Harley-Davidson LiveWire

Liputan6.com, Jakarta - Pilihan motor gede (moge) bertenaga listrik kini semakin banyak. Pasalnya baru-baru ini Evoke Motorcycle memperkenalkan moge listrik terbarunya, Evoke 6061. 

Dibangun dalam sosok cruiser dan ditenagai paket baterai besar yang didukung oleh kemampuan pengisian cepat. Bahkan teknologinya mampu membuat Harley-Davidson LiveWire terlihat kuno.

Dirinya digadang sebagai sepeda motor berperforma tinggi. Didukung dengan motor listrik 120 kW yang mampu menghasilkan daya 161 hp dan torsi puncak 272 Nm secara masif.

Cruiser listrik ini diklaim memiliki kecepatan maksimum hingga 230 kpj. Jika benar, ia berarti bisa mengungguli Harley-Davidson LiveWire maupun Zero SR/F dalam hal speed maupun tenaga puncak. Dan beda tipis dengan Energica Ego, yang menjadi dasar balap Grand Prix MotoE.

Perusahaan membenamkan paket baterai liquid-cooled 24,8 kWh Gen 2 ke tubuhnya. Bisa dibilang terbesar di dunia untuk ukuran sepeda motor listrik. Sematan itu mampu mengalahkan Energica yang cuma 21,5 kWh.

Pabrikan menganggap komponen sebesar itu seharusnya cukup untuk menempuh jarak hingga 470 km di perkotaan atau 265 km di jalan raya tanpa hambatan.

E-Cruiser ini memiliki sistem pengisian daya DC dengan fitur fast charging 125 kW. Sehingga dapat diisi dari 0 sampai 80 persen hanya dalam 15 menit saja.

Selain itu, dilengkapi pula dengan pengisian daya AC 1,8 kW, namun jadi relatif lebih lama dibanding di-charge di level 3 DC. 6061 mengemas enam modul paket baterai Gen 2 yang memberikannya kapasitas gabungan 15,4 kWh.

Nathan Siy, Founder dan CEO Evoke Electric Motorcycles mengatakan kalau baterai dan powertrain diproduksi di Cina.

“Beberapa komponen penting dibuat di Cina, sama seperti perusahaan lain. Hal ini memberikan kami jalur rantai pasokan yang solid. Tim desain internasional juga berada di Tiongkok dan itu membuat kami selangkah lebih maju dari yang lain. Maka itu kami membuat prototipe dengan cepat dan hemat biaya dibanding melakukannya di AS atau di mana pun,” katanya.

2 dari 3 halaman

Proses Pembuatan Rangkanya Diukir

Pabrikan mengatakan Evoke 6061 mendapatkan namanya dari 'Twin Plate Frame' yang unik. Karena proses pembuatan rangkanya diukir menggunakan pemotongan laser presisi dari aluminium billet T6061.

6061 adalah paduan aluminium yang dikeraskan dengan presipitasi, yang mengandung magnesium dan silikon sebagai elemen paduan utamanya.

Sepeda motor bergaya cruiser ini memiliki lampu depan proyektor kembar bertumpuk vertikal, ditempatkan di dalam cover berbentuk bulat. 6061 juga mengemas tampilan layar sentuh 10 inci besar yang dipasang di tangki bahan bakar.

Daftar fitur di konsol instrumen memang belum tersiar, kemungkinan pada layarnya sudah ada integrasi navigasi dengan ponsel cerdas.

Dirinya juga mempunyai fitur ergonomis, dengan footpeg yang dipasang agak ke depan dan setang lebar yang condong ke pengemudi. Gaya seperti itu biasa kita temui pada Ducati Diavel.

Kursinya mengadopsi model menyatu berwarna cokelat. Sementara bagian belakang terlihat rapi dengan stoplamp dan sinyal belok vertikal yang berada di bawah jok pembonceng.

Powertrain, paket baterai, dan suspensi dipasang ke Twin Plate Frame. Begitu pula dengan lengan ayun. Dibekali pula cakram ganda di depan dan satu unit di belakang.

Sepertinya didukung dengan sistem pengereman ABS. Peleknya pakai model jari-jari berukuran besar. Dibungkus dengan ban 140/70-17 di depan dan 200/55-17 belakang.

3 dari 3 halaman

Harga

Cruiser listrik ini telah diluncurkan di Cina dan dalam waktu dekat hendak diekspor ke pasar global. Untuk awalan, perusahaan hanya membuat 100 unit terlebih dahulu.

Buat konsumen yang ingin memboyongnya, siapkan uang deposit sebesar $ 5.000. Ia dilepas ke pasar dengan banderol $ 24.995.

Meski mahal, itu menempatkan Evoke 6061 sejajar dengan sepeda motor listrik balap Energica dan sedikit di atas model premium SR / F Zero. Dan tentu saja, itu masih lebih terjangkau daripada label harga Harley-Davidson LiveWire yang dijual $ 29.799.

Jika harga tersebut masih termasuk mahal, bisa memilih produk Evoke lain yakni Urban S dan Urban Classic. Untuk harganya masing-masing sebesar $ 7,999 dan $ 8.499.

Keduanya menampilkan desain yang lebih sporty dan dapat mencapai kecepatan hingga 130 kpj.

Sumber: Oto.com