Sukses

5 Kesalahan Menggunakan Masker, Risikonya Tertular Corona Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Menggunakan masker saat bepergian bisa mengurangi risiko penularan Corona Covid-19. Namun, salah memasang masker bisa meningkatkan risiko penularan hingga 75 persen.

Menggunakan masker bisa menghindarkan kita menularkan maupun tertular COVID-19 karena masker berfungsi menahan percikan droplet. WHO juga meyakini jika penularan virus corona baru yang terjadi akibat mikrodroplet dengan partikel lebih kecil mampu berada di udara dalam waktu yang relatif lebih lama.

Apalagi jika seseorang berada di ruangan tertutup dengan sirkulasi udara yang kurang baik. Karenanya juru bicara Pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto menyebut penggunaan masker harus benar.

Ada baiknya kita mengetahui cara menggunakan masker yang benar dan kekeliruan apa saja terkait penggunaan alat pelindung diri tersebut.

 

2 dari 4 halaman

Kesalahan pemakaian masker yang sering terjadi

1. Menggunakan masker longgar dengan celah di bagian samping.

2. Memakai masker hanya menutupi ujung hidung saja.

3. Memasang masker di bawah hidung yang menyebabkan area hidung terbuka.

4. Membiarkan area dagu terpapar.

5. Memakai masker diturunkan ke bawah dagu.

Adapun kita wajib menggunakan masker walau berada di antara kolega, teman, keluarga, dan orang yang kita kenal. arena hal ini tidak memungkinkan keamanan yang terjamin dari tidak terpaparnya virus corona yang menyebar dengan cepat.

3 dari 4 halaman

Penggunaan masker yang benar

Adapun tata cara penggunaan masker yang benar sehingga keamanannya lebih terjamin. Yakni:

1. Pastikan batang hidung hingga bawah dagu tertutup masker.

2. Kencangkan karet masker agar pas di wajah tanpa ada celah yang memungkinkan partikel virus masuk ke dalam celah masker.

Dengan cara ini, maka efektivitas pemakaian masker akan lebih optimal.

(Nabila Mecadinisa/Fimela) 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: