Sukses

Berubah Signifikan, Audi Q5 Facelift Bikin Pangling

Audi Q5 versi facelift mengalami penyegaran signifikan. Tidak hanya fokus pada eksterior, bahkan mencakup seluruh sektor.

Liputan6.com, Jakarta - Audi Q5 versi facelift mengalami penyegaran signifikan. Tidak hanya fokus pada eksterior, bahkan mencakup seluruh sektor.

Dibuat di pabrik San Jose di Meksiko, model ini datang dengan nama Q5 40 TDI. Dipasarkan secara global semester dua ini, dengan banderol mulai € 48.700 atau Rp 791 jutaan di Jerman.

EksteriorPada rupa luar, terjadi ubahan yang membuatnya lebih tegas. Wajah terutama. Intake samping pada bumper, yang juga menjadi rumah foglamp tak lagi memanjang seperti sebelumnya.

Tingginya dilebihkan, sehingga tampak lebih besar. Bentuknya juga dibikin lebih jelas dengan bingkai trapesium. Berkatnya, grille terlihat ikut membesar dengan corak sarang lebah. Sementara sektor penerangan makin tajam dengan daytime running light yang dijadikan alis.

Profil samping tak banyak berubah. Pelek tersedia dalam beberapa pilihan, dengan ukuran 17 inci melekat pada varian standar. Sementara lini atas dan S dilengkapi 18 inci.

Audi pun menyuguhkan opsi ukuran 19, 20 dan 21 inci bagi penggemarnya. Desainnya masih sama, berupa palang tebal menyerupai beliung.

Pada sisi bodi ketambahan garnish gelap, yang menciptakan ilusi. Seolah ground clearance Q5 meningkat. Di belakang, cluster lampu baru dengan sisipan diffuser dengan sirip horizontal.

Terdapat dua opsi desain disematkan. Pada varian atas diimbuhkan kromium. Kemudian pilihan warna bodi diperbanyak. Totalnya menjadi 12 warna dengan dua kelir baru, hijau dan biru ultra.

Teknologi terkini dibenamkan. Lampu OLED generasi anyar untuk tail light. Cahaya yang dihasilkan lebih jelas, dan memungkinkan desainer memiliki keleluasaan mendesain motif lampu.

Menariknya, konsumen disuguhkan tiga pilihan corak grafis lampu belakang. Tak hanya itu, perangkat dilengkapi sensor jarak. Ketika mendeteksi kendaraan di belakang datang terlalu dekat, seluruh segmen lampu langsung menyala.

Sehingga pengemudi lain lebih menyadari keberadaan Q5 di depan. Sementara lampu depan masih memakai LED dengan teknologi high beam adaptif, sehingga tak menyilaukan pengendara lain yang berpapasan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mesin

Jantung mekanis menganut diesel berkonfigurasi empat silinder 2,0 liter. Mampu menyuguhkan tenaga tertinggi 204 PS dan torsi 400 Nm. Bobot mesin dikurangi 22,5 kg dengan penggunaan material aluminium.

Hal ini tentu memengaruhi efisiensi dan performa. Q5 dapat melesat dari nol ke 100 kpj dalam 7,6 detik dengan kecepatan puncak 222 kpj. Bertenaga namun efisien, berkat sistem mild hybrid Audi.

Transmisi S tronic 7-speed yang dipadukan penggerak Quattro all-wheel. Tenaga disalurkan ke roda depan ketika berkendara normal. Sistem langsung mengubah ke seluruh roda ketika dibutuhkan, seperti melewati jalan licin.

Kabarnya bakal ada opsi dapur pacu lain disuguhkan. Termasuk dua varian TDI empat silinder yang lebih bertenaga. Lainnya, ada penenggak bensin V6 dan TFSI empat silinder 2,0 liter. Termasuk pula TFSI-e dengan plug-in hybrid.

3 dari 4 halaman

Interior

Nuansanya tak berbeda dengan model terdahulu. Pelanggan bisa memilih dari tiga trim tersedia : base, design selection dan S line. Paket itu termasuk fitur cahaya ambient untuk membentuk mood dalam kabin.

Fitur pun ditingkatkan, seperti head unit MMI baru. Tak ada tombol maupun kenop putar di konsol tengah untuk mengaturnya, digantikan kompartemen penyimpanan.

Head unit itu mengaplikasikan generasi ketiga Modular Infotainment Platform yang lebih pintar dan cepat. Berukuran 10,1 inci, mampu terkoneksi dengan smartphone dan dapat menampilkan navigasi MMI.

Ini dipadukan panel instrumen digital 12,3 inci dengan tiga susunan grafis. Untuk mengontrolnya bisa melalui tuas di kemudi. Tak ketinggalan head-up display tersaji secara opsional.

Bertubuh bongsor, Q5 facelift memanjang 19 mm menjadi 4.680 mm. Sementara lebar dan tinggi masih sama, begitu juga wheelbase. Ruang kabin terasa lapang. Apalagi bila ditambahkan opsi jok belakang yang bisa digeser dan dilipat.

Bila memilih setingan ini, kargo yang dimuat mencapai 550 liter sampai 1.550 liter. Mengakses area ini mudah berkat poer tailgate. Sayangnya fungsi itu juga opsional. Artinya pelanggan harus menambah biaya agar dapat menikmatinya.

Kenyamanan ditunjang suspensi yang bisa diatur dalam empat mode. Setelannya dapat disesuaikan untuk kenyamanan terbaik hingga manuver lincah yang stabil. Ketinggian komponen peredaman yang mempengaruhi ground clearance juga bisa diatur dalam lima tingkatan.

Sementara fitur keselamatan dan pendukung pengemudian mumpuni. Perangkat pencegah kecelakaan lengkap. Cruise control adaptif, hill descent assistant, lane keeping assist, dan predictive efficiency assist.

Sumber: Oto.com

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.