Sukses

Dealer Honda Ini Punya Fasilitas Pengetesan Motor di Dalam Ruangan

Liputan6.com, Jakarta - Banyak pemilik motor yang penasaran dengan besaran lonjakan performa tunggangannya setelah dimodifikasi. Biar tidak penasaran, bisa coba melakukan dyno test di main dealer Astra Motor Jateng.

Soal biaya, tidaklah terlalu menguras isi kantong. Sebab Astra Motor Jateng memberikan promo khusus dyno test untuk motor-motor sport Honda di dealer Big Wing, Astra Motor Center Semarang selama bulan Juni hingga Juli 2020.

Pengecekan dyno test dilakukan untuk mengetahui performa mesin motor secara akurat. Yang bisa diukur dari alat ini adalah pencapaian torsi per rpm (rotation per minute), tenaga mesin per rpm, torsi dan tenaga mesin puncak serta kecepatan tertinggi.

Hasil dari pengukuran dengan alat Dynamometer dinilai lebih akurat karena diuji tanpa hambatan udara, angin dan faktor luar lainnya sehingga analisa gangguan mesin dapat dibaca secara real time.

Menurut Chacha Herdiyanta, Bigbike Manager Astra Motor, fasilitas dyno test ini tidak terbatas untuk motor gede (big bike) saja, namun bisa untuk motor sport 500 cc ke bawah.

"Syarat untuk bisa melakukan dyno test adalah kendaraan dalam keadaan sehat dan bertipe manual," terang Chacha.

2 dari 3 halaman

Ruangan Khusus dengan Alat Lengkap

Alat ini diset di ruangan khusus kedap suara, menggunakan layar lebar komputer lengkap dengan program, pengikat kendaraan, saluran exhaust (pembuangan angin) serta dilengkapi pendinginan tambahan untuk membantu mesin mempertahankan panas optimal.

Untuk sepeda motor dengan cc di bawah 250cc seperti Honda CBR150R, CB150, CB150 Verza, Supra GTR, Sonic, dan lain-lain, dipatok dengan harga Rp 100 ribu.

Sedangkan motor dengan kapasitas mesin dari 250cc hingga kurang dari 500cc (Honda CBR250RR, CBR250R, CRF250Rally) seharga Rp 150 ribu.

 

3 dari 3 halaman

Biaya untuk Moge

Sementara untuk moge di atas 500 cc, seperti Honda CB500F, CB500X, Rebel 500, dan sebagainya, dikenakan biaya Rp 250 ribu.

Yang menarik dyno test Astra Motor Jateng juga terbuka untuk merek lain.

"Dalam program ini, kami juga terbuka untuk motor dari brand lain yang ingin melakukan pengecekan torsi dan power sepeda motor di bengkel kami," jelasnya.

Sumber: Otosia.com