Sukses

Keren, Negara Ini Otomatis Perpanjang SIM Habis di Masa Pandemi

Liputan6.com, London - Lisensi mengemudi mobil di Inggris harus diperbarui setiap 10 tahun. Namun, masyarakat yang perlu memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) di masa pandemi mendapat dispensasi khusus.

Peraturan Uni Eropa secara resmi menambahkan perpanjangan tujuh bulan untuk semua lisensi di Inggris apabila berakhir antara tanggal 1 Februari hingga 31 Agustus 2020.

Seperti dilansir Whatcar, Senin (29/6/2020), perpanjangan berlaku dari tanggal kedaluwarsa yang terdapat pada lisensi, sehingga pemiliknya tak perlu memperbarui dalam waktu dekat.

Sebagai contoh, jika masa berlaku SIM habis pada tanggal 1 Juni, pemilik memiliki waktu hingga 1 Januari 2021 untuk memperbaruinya. Hal ini diharapkan mampu menekan penularan virus Corona Covid-19 di transportasi umum, karena pengemudi bisa berkendara selama pandemi.

2 dari 4 halaman

Bertahan 10 Tahun

Walaupun lisensi mobil bertahan selama 10 tahun, lisensi untuk pengemudi bus dan truk hanya bertahan selama lima tahun. Perpanjangan lisensi secara otomatis terjadi, sehingga pengemudi tak perlu datang ke instansi terkait.

Meski demikian, seluruh pengemudi akan diberitahu dan disarankan untuk memperbarui lisensi sebelum periode perpanjangan tujuh bulan selesai.

3 dari 4 halaman

Masyarakat Berusia 70 Tahun

Ekstensi hanya berlaku untuk lisensi yang telah kadaluwarsa. Jika telah mencapai usia 70 tahun, pemilik SIM perlu memperbarui setiap tiga tahun.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: