Sukses

Helm Ini Bisa Jadi Referensi Buat yang Suka Model Klasik

Liputan6.com, Jakarta - Shoei merilis helm terbaru dengan mengusung desain klasik, yang diberi nama Glamster. Kesan jadul dituangkan dalam desain cangkang yang membulat. Simple, namuan tetap mendapatkan sentuhan modernitas.

Shoei Glamster tak bisa disamakan dengan lini seperti X-Fourteen kepunyaan Marc Marquez. Dapat dikatakan, Glamster memiliki bentuk paling sederhana dibanding helm full face Shoei lain.

Tanpa ada embel-embel spoiler bahkan aerokit sekalipun. Kendati begitu, unsur kenyamanan dari sebuah helm tetap diberikan lewat ketersediaan lubang angin. Fitur tersebut menghuni bagian muka, utamanya di area dahi dan dagu.

Memang Glamster tidak memakai bubble visor yang mencirikan helm klasik. Kacanya justru mengikuti bentukan helm modern Shoei kebanyakan. Bahkan di situ pun sudah terdapat dudukan pinlock untuk memasangkan antifog.

Dengan begitu, pengguna tak perlu khawatir visibilitas terganggu karena embun di kaca. Dan menariknya, terdapat sistem bukaan visor di sebelah kiri. Cukup geser tuas tersebut ke arah depan, jika ingin membuka kacanya.

Dari keterangan Young Machine, bagian dalam helm juga bisa dibongkar pasang untuk memudahkan pembersihan. Lantas mengenai keamanan, Shoei Glamster sudah menggunakan sistem penguncian double D-ring.

Bahkan terdapat pula EQRS (Emergency Quick Release System). Berfungsi untuk melepaskan helm ketika penggunanya berada dalam keadaan darurat seperti kecelakaan.

 

2 dari 3 halaman

Harga

Paduan desain helm modern klasik yang menarik, meski harga jualnya cukup mahal yaitu 47.300 Yen (sekitar Rp 6,2 jutaan) untuk pasar Jepang.

Sementara di negara lain seperti Inggris, banderolnya menyentuh Rp 7 jutaan. Itupun berlaku untuk warna dasar seperti putih, hitam, matte black, abu-abu dan biru.

Lebih mahal lagi jika pembeli memilih tipe Glamster Ressurection. Harganya mencapai Rp 8,8 jutaan. Sementara untuk ukuran yang disediakan mulai dari XS hingga XXL.

 

3 dari 3 halaman

Bukan Model Klasik Pertama

Shoei Glamster sendiri bukan lini klasik pertama yang ditawarkan pabrikan. Beberapa model serupa pernah dirilis. Sebut saja Shoei Ex-Zero dengan model cakilnya. Lalu Shoei J.O yang punya desain half face.

Helm model klasik sekarang ini memang tengah jadi kegemaran. Beriringan dengan menjamurnya motor-motor bernuansa serupa. Ini pula yang sudah dilakukan beberapa produsen helm.

Semisal Arai melalui model Classic Mod atau Rapid Neo. Lalu Nolan dan yang paling baru adalah HJC. Beberapa waktu lalu pabrikan Prancis baru saja merilis HJC V90 sebagai line up perdana mereka di segmen klasik.

Sumber: Oto.com