Sukses

Kawasaki Ninja 250R Bekas, Pilihan Keren untuk Budget Rp20 Jutaan

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2008 menjadi waktu yang menyenangkan bagi pecinta motor sport. Saat itu Kawasaki Ninja 250R meluncur dan membuat bikers terpana.

Sayang tak semua orang berkesempatan menikmati spesies ini di masa keemasan, sebab lumayan mahal. Tapi hari ini, unit bekasnya bisa ditebus mulai Rp 20 jutaan.

Coba saja berselancar ke portal jual beli online. Mayoritas didagangkan di angka kepala dua. Tepatnya yang kami temukan mulai Rp 23 juta - Rp 29 juta, tergantung tahun produksi dan kondisi motor.

Beberapa Kawasaki Ninja 250R memang dijual lebih murah. Namun biasanya agak mengenaskan, atau sesederhana pajaknya terlewat. Dan di atas parameter tadi, kebanyakan sudah mengenakan aksesori aftermarket atau dimodifikasi pada beberapa bagian, termasuk teknis.

 

2 dari 4 halaman

Bertahan hingga 2012

Ninja berkode EX250J sendiri lahir pada 2008. Generasi ini bertahan hingga 2012, sebelum akhirnya bertukar muka. Usianya sudah cukup tua. Ada baiknya memilih yang termuda, meminimalisir risiko mendapat unit "repot". Toh perbedaan harganya pun tak signifikan, malah terkadang saling bersinggungan.

Performa menjadi salah satu poin menarik dari sang legenda. Sampai hari ini pun masih relevan, alias terbilang kencang. Berbekal mesin dua silinder segaris 249 cc delapan katup yang begitu revolusioner di masanya. Irama dua piston sangat merdu dan khas, apalagi lengkingan saat dipacu.

Catatan outputnya impresif. Dapur pacu Ninja memproduksi 31,5 Tk di 11.000 rpm serta torsi puncak 18,4 Nm pada 9.750 rpm. Lonjakan tenaga bakal terasa dari putaran menengah sampai atas. Karena memang jenisnya overbore (62,0 x 41,2 mm), sesuai DNA motor balap. Tapi bicara akselerasi, memang tak seinstan Ninja 150 RR dua tak. Karakternya berbeda.

 

3 dari 4 halaman

Komponen Modifikasi

Jika tak puas dengan spesifikasi bawaan, komponen modifikasi banyak tersedia di pasaran. Penyesuaiannya pun mudah. Sebab belum banyak komputerisasi canggih. Mengganti karburator dengan referensi ukuran dan tipe sesuai keinginan tak sulit. Berikut memilih sistem pembuangan merek lokal maupun internasional. Variatif.

Pilihan pemanis bodi juga tak kalah banyak. Paling umum, single seat cover. Tutup plastik ini menyembunyikan jok belakang, sehingga tampilan motor lebih sporty. Dan jika sewaktu-waktu harus membonceng, tinggal tukar lagi dengan jok bawaan. Aksesori sederhana yang fungsional.

Area tail light beserta sepatbor belakang biasanya juga dipangkas. Diganti dengan model built in, supaya bagian belakang terondol - ala motor balap. Sama dengan cover jok, peranti ini banyak tersedia di banyak gerai.

Pada intinya, memilih Ninja "Karbu" cukup solutif untuk Anda yang memiliki budget terbatas, namun mendambakan sosok sport fairing. Selain bentuk dan performa yang tak begitu ketinggalan zaman, mempersonalisasi tampilan serta mengoprek area teknis begitu mudah. Dan yang penting, semua itu ditebus dengan budget sepantar skutik 150 cc.

Sumber: Oto.com

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: