Sukses

Inikah Varian Tertinggi Hyundai Kona?

Baru-baru ini sebuah mobil terbungkus kamuflase yang diduga Hyundai Kona facelift tertangkap kamera saat tengah melakukan pengujian di daratan Eropa.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini sebuah mobil terbungkus kamuflase yang diduga Hyundai Kona facelift tertangkap kamera saat tengah melakukan pengujian di daratan Eropa.   

Tapi ada yang lain. Walau tubuhnya sebagian besar terbungkus, ia punya wujud berbeda. Dugaannya model yang sedang dites jalan itu adalah varian performa tertinggi, Kona N.

Diwartakan Motor1, Kona versi lebih bertenaga itu bakal mengambil basis dari model facelift. Beberapa ubahan terlihat. Fender yang melebar khas Kona tetap ada. Tapi ukurannya lebih luas.

Selain itu, kelirnya glossy dan senada bodi, tak seperti model standar berupa plastic bercorak gelap nan kontras. Kona N yang sedang dites disepuhkan warna biru pucat.

Komponen bingkai roda punya ukuran lebih besar dari trim teratas Kona. Besar kemungkinan memakai pelek 19-inci. Walau begitu, sistem pengereman dipastikan mumpuni.

Kaliper merah besar tampak menggantung di cakram yang juga masif. Pada bagian belakang, meski tertutup jubah, Hyundai menyematkan saluran pembuangan ganda cukup besar. Kemungkinan, terpasang pula spoiler yang ukurannya tak kecil. Penting sebagai penegas versi panas.

Pabrikan asal Korea Selatan itu pertama kali menginformasikan menghadirkan Kona yang lebih sporty pada 2018. Saat itu, dikabarkan prototipe sudah dikembangkan, namun tak mendapat lampu hijau untuk masuk jalur produksi. Melihat spyshot tengah diuji coba di jalan, mengindikasikan telah mendapat persetujuan untuk resmi mengaspal. 

Infonya, Hyundai Kona N bakal mengusung mesin bernapas turbocharger dengan kubikasi silinder 2,0-liter. Jika benar, berarti berbagi jantung sama dengan i30N. Daya yang dihasilkan mencapai 278 PS dan momen puntir 352 Nm.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkiraan Mesin

Namun, prediksi lain mengungkapkan bakal mengusung dapur pacu baru yang lebih bertenaga. Mengambil dari Sonata N-Line yang berkonfigurasi 2,5-liter, menciptakan daya sampai 294 PS.

Soalnya, dalam foto itu, terlihat pula penampakan Cupra Ateca, crossover performance kecil bertenaga 304 PS dengan penggerak seluruh roda. Sepertinya Hyundai tengah membandingkan Kona dengannya.

Sementara untuk sistem transmisi, ada dua opsi, manual 6-speed dan otomatis kopling ganda 7-speed. Ini pun masih menjadi tanda tanya.

Urusan debut masih simpang siur. Ada yang mengatakan pengenalan perdananya pada pertengahan tahun dan diumumkan sebagai model 2021. Namun, ada pula yang memperkirakan setidaknya tahun depan baru meluncur menjadi model 2022.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.