Sukses

Canggihnya Calon Mobil Nasional Turki

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah memperkenalkan SUV listrik yang digadang-gadang sebagai mobil nasional mereka

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah memperkenalkan SUV listrik yang digadang-gadang sebagai mobil nasional mereka. Mobil listrik yang muncul akhir tahun lalu itu dikabarkan bakal mengusung merek TOGG.

Karena masih sebatas prototype, mobil ini tak akan bisa dibeli dalam waktu dekat. Perusahaan asal Turki itu menyebut bahwa versi produksi massal pertamanya akan dijual mulai 2022 mendatang. 

Meski dirancang dan diproduksi di Turki, TOGG turut menggandeng desainer mobil terkenal asal Italia, Pininfarina. Karena itu, tak heran jika tampilannya sedikit bernuansa Eropa.

Tengok saja sektor depannya yang dibekali dengan LED headlight dan LED DRL yang terkesan futuristis. Selain itu, terdapat aksen krom lebar dan skid-plate silver yang memperkuat aura SUV.

Geser ke samping, perhatian langsung tertuju ke velg silver berukuran besar. Selain itu, mobil ini memiliki bodi berlekuk tegas, spion kecil, dan roof-rail.

Bagian belakangnya pun tampak gagah dan berkarakter. Itu tak terlepas dari lekukan di pintu belakang dan dipadu LED taillight tipis. Terpasang juga skid-plate tebal berwarna silver yang memperkuat kesannya sebagai SUV.

Nuansa futuristis ini tentu berlanjut sampai interiornya. Tengok saja dashboard SUV tersebut yang dipenuhi dengan layar, setidaknya ada 6 buah dengan fungsi yang berbeda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesan Mewah Terasa

Di balik kemudi, layar tersebut berfungsi sebagai instrument-cluster, sedangkan pada tengah dashboard dan depan penumpang merupakan sistem infotainment.

Terpasang juga layar di konsol tengah yang menjadi pengatur beragam fitur dari mobil tersebut, salah satunya AC. Sedangkan monitor sisanya bertugas menampilkan bagian di belakang mobil.

Kesan mewah pun terpancar kuat berkat interiornya yang didominasi warna putih dengan aksen silver dan hitam. Nuansa mobil listriknya pun makin terasa berkat ambient-light biru di berbagai bagian.

Masih belum ada informasi detail terkait dapur pacunya. Namun, disebutkan bahwa calon mobnas Turki ini ditawarkan dalam 2 kapasitas baterai dengan jarak tempuh 300 km dan 500 km.

Pihak TOGG mengklaim pengisian dayanya bisa dilakukan dalam waktu singkat, 0-80 persen dalam 30 detik. Selain itu, figur akselerasi 0-100 km/jam mobil ini dapat dicapai dalam 4,8 detik.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.