Sukses

Honda 'Malu-Malu' Ungkap Jumlah PCX 150 yang Cek Sprocket Cam

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) melalui dealer utamanya telah memanggil beberapa pemilik PCX 150 untuk melakukan pemeriksaan mesin. Dalam undangan resmi yang dikirimkan ke konsumen, jenama berlambang sayap mengepak ini, akan melakukan pemeriksaan komponen mesin, yaitu sprocket cam.

Menanggapi proses tersebut, Direktur Marketing PT AHM, Thomas Wijaya, hingga saat ini jika konsumen masih merasa ada kekurangan dengan motornya, silahkan datang ke dealer resmi. Namun, untuk jumlah konsumen yang datang, pabrikan berlambang sayap mengepak ini tidak memberikan informasi detailnya.

"Ya, kami masih melihat konsumen kondisi seperti apa. Kalau konsumen merasa kurang nyaman, tentu kami layani," jelas Thomas di sela-sela gelaran Honda Bikers Day (HBD) 2019, di Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah.

Lanjut Thomas, hingga saat ini belum ada konsumen yang melakukan pergantian komponen yang bermasalah tersebut. Tapi, jika memang ada yang harus diganti, maka akan Honda akan melakukan pergantian secara gratis.

"Ya kami lihat kondisi dan masalah seperti apa. Kalau perlu ada yang perlu diganti ya kami lakukan pergantian. Keluhannya selama ini dan kondisi mereka ada masukan tertentu buat kami, dan kami akan melakukan pengecekan," tambahnya.

Meskipun panggilan pemeriksaan Honda PCX 150 ini sudah berjalan beberapa waktu, namun belum dketahui pasti, apakah pemanggilan ini bisa naik status menjadi recall, karena memang sudah menjadi standar keselamatan di Indonesia.

"Masalahnya berbeda-beda, tidak semua sama. Contohnya, ada beberapa lah," pungkasnya.

2 dari 2 halaman

Sprocket Cam Honda PCX 150 Bermasalah, Bagaimana Vario dan ADV 150?

Sejumlah pemilik skuter matik (skutik) Honda PCX 150 mendapatkan surat panggilan dari dealer untuk pengecekan salah satu komponen mesin, yaitu sprocket cam. Pasalnya, jika bagian ini rusak, maka dapat menyebabkan mesin mati mendadak, sehingga mengganggu kenyamanan berkendara.

Disebutkan, pemeriksaan atau analisa terkait kerusakan Honda PCX ini dilakukan dalam waktu satu hari.

Lalu, dengan pemanggilan Honda PCX 150 ini, apakah berpengaruh terhadap Vario 150 dan juga ADV150? Pasalnya, ketiganya menggunakan mesin berkapasitas 150cc dengan platform yang sama.

"Tidak (Vario 150 dan ADV 150), pemeriksaan ini hanya untuk PCX 150," jelas Corporate Communication PT AHM, Rina Listiani, saat dihubungi Liputan6.com melalui sambungan telepon, Selasa (19/11/2019).

Lanjutnya, bagi konsumen Honda PCX 150 yang sudah menerima undangan dari main dealer, segera mungkin datang ke bengkel AHASS terdekat untuk dilakukan pemeriksaan.

Meskipun begitu, pihak AHM sendiri masih belum menyebutkan berapa konsumen yang dipanggil terkait kasus tersebut, dan hanya menyebutkan bahwa jumlah konsumen Honda PCX 150 yang diundang cukup sedikit.

"Pemanggilan ini memang hanya beberapa pemilik, dari beberapa daerah di Indonesia. Kita sudah kirim undangan, berharap datang secepatnya," tegasnya.

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Keunggulan Yamaha NMax 2020 Dibanding Honda PCX
Artikel Selanjutnya
Diprediksi Kanibalisasi, Bagaimana Penjualan Honda PCX Setelah ADV150 Lahir?