Sukses

Honda City 2020 Resmi Meluncur, Fiturnya Semakin Mapan

Liputan6.com, Jakarta - Honda City terbaru atau generasi kelima resmi meluncur di Thailand. Honda merombak sedan andalannya dari berbagai sisi, namun tak sampai menghilangkan identitasnya sebagai Honda City.

 

Soal guratan desain ada rasa ‘back to basic’ namun tidak terlalu sederhana seperti sang kakak, Jazz/Fit. Ia punya cara sendiri untuk memikat pasar regional Asia dan Oseania. Rupa fasad dipilih sesuai identitas desain Honda kebanyakan, seperti Civic atau Accord. Batang dekoratif tebal mengisi wadah grille. Permukaan terus memanjang di sisi teratas membentuk alis mata.

Profil membulat tetap dipertahankan, namun diukir lebih dewasa dan konvensional. Secara siluet terbayang sedan sebagaimana mestinya. Moncong tidak lagi melandai layu, kini dibuat datar seolah terlihat lebih mancung. Garis bahu melintang konsisten dari lampu ke lampu. Sama halnya pada garis kaca, rata dan tak menukik di pilar A.

Melongok bokong sedan kompak ini pun bergaya simpel. Lampu mendatar dengan potongan polos. Isi lampu dirancang modern melalui permainan LED. Implikasi dari lekukan samping mengurangi keramaian tampak belakang. Tidak ada yang salah dari seluruh ubahan, membuat lenggokan sedan mungil Honda kian elegan.

Pendewasaan Honda City juga tercurahkan pada kabin. Bila generasi sebelumnya sarat dengan permukaan miring dan tajam, lain halnya di model anyar. Komposisi dasbor cenderung simetris mendatar. Fitur pun lebih berkelas. Seluruh tipe dilengkapi remote yang dapat membuka bagasi, tombol start/stop engine dan Idle Stop System. AC otomatis climate control diatur oleh kenop putar, kecuali satu trim paling bawah. Lalu, sebagai sarana hiburan terdapat opsi head unit touchscreen 8 inci berisi konektivitas Apple CarPlay. Pengaturan audio dan telepon melalui setir ditemukan di seluruh tipe.

 

2 dari 3 halaman

Mesin 3 Silinder

Jantung pacu satu-satunya untuk Thailand, unit anyar tiga silinder 1.000 cc. Jangan dulu meremehkan. Dalam keterangan resmi disebutkan dapur pacu ini punya performa setara 1.500 cc, dengan kekuatan puntir mesin 1.800 cc. Aktor di belakang potensi ini adalah dorongan turbo. Perangkat penambah daya membantu ekstraksi daya mencapai 120 Tk dengan momen puntir 172 Nm.

Keselamatan dan kemudahan berkendara merupakan nilai utama. Fitur keselamatan standar sudah meliputi dual airbag depan dan samping. Selain itu, kelima penumpang terlindungi sabuk pengaman tiga titik. Peranti pengendalian bukan sekadar ABS + EBD, ada tambahan Cornering Control System (VSA), dan Hill Start Assist (HSA). Peranti ini tergolong lengkap untuk ukuran sedan subkompak.

Bila ditotal ada empat tingkatan trim : S, V, Sv, RS. Trim RS ditawarkan untuk kali pertama di jajaran City. Ini menjadi varian paling atas berbaju sporty dengan perlengkapan paling komplet. Banderol dimulai dari 579.500 THB untuk tipe S hingga 739.000 THB pada RS, atau setara Rp 270 – Rp 344 jutaan.

Sewajarnya, Honda City generasi anyar mampir Indonesia. Mungkin tahun depan. Namun belum bisa dipastikan, apakah jantung anyar dengan turbo yang akan diboyong atau tidak. Diet kapasitas mesin dengan bantuan turbo bisa jadi pilihan menarik lantaran punya power namun bisa mengejar efisiensi bahan bakar. Kita nantikan saja kabar gembira dari Honda Prospect Motor untuk City generasi ke-5. 

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
HondaJet Mulai Dikirim ke Crazy Rich Cina
Artikel Selanjutnya
Pasar Otomotif Asia Tenggara Lesu, Sinyal Buruk untuk Pabrikan Jepang