Sukses

Cek Kondisi Mesin Mobil Bisa Dilakukan Sendiri, Begini Caranya

Bagi pemilik mobil, sebaiknya jangan hanya bisa menggunakan saja tanpa mengetahui cara merawatnya. Nah, memeriksa kondisi mesin mobil ternyata bisa dilakukan sendiri tanpa harus ke bengkel.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pemilik mobil, jangan hanya bisa menggunakannya saja tanpa mengetahui cara merawatnya. Pasalnya, jika kendaraan kesayangan sudah rusak, terlebih dengan kondisi yang parah, maka membutuhkan biaya yang cukup besar untuk melakukan perbaikan.

Merawat mesin mobil sebenarnya bisa dilakukan dengan cara sederhana, dan tanpa bantuan orang lain alias pergi ke bengkel.

Melansir laman resmi Suzuki Indonesia, kondisi mobil yang prima akan memberikan performa baik serta konsumsi bahan bakar yang hemat. Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengecek kondisi mobil, adalah mengecek kondisi cairan dan pelumasan pada mobil.

Pengecekan ini bisa dengan cara memantau oli mesin lewat dipstick, atau melihat reservoir radiator dan minyak rem.

Jika tampak berkurang, berada di bawah indikator, cukup tambahkan saja dan tidak perlu diganti semuanya. Kenapa? Karena penggantian harus mengikuti jarak tempuh pemakaian.

Pemeriksaan selanjutnya, adalah memantau panel-panel indikator di sekitar speedometer. Kalau ada sesuatu yang bermasalah pada mobil biasanya akan ditandai dengan lampu indikator yang menyala.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengecekan selanjutnya

Selain memantau indikator di layar spidometer atau di sekitar dasbor, juga sebaiknya mendengarkan langsung suara mesin ketika dinyalakan.

Suara mesin yang masih halus menandakan mobil berada dalam keadaan yang baik, tapi jika ada suara-suara aneh yang muncul, atau cenderung menjadi lebih kasar, mungkin saja ada komponen mesin yang bermasalah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.